Makan Lebih dari 3 Iris Bacon per Hari Berisiko Sakit Jantung

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 08/09/2016 17:30 WIB
Menurut penelitian, menyantap bacon lebih dari tiga potong sehari akan berisiko meningkatkan risiko sakit jantung. Bacon (Thinkstock/Brent Hofacker)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga potong bacon strip yang renyah dan gurih pasti bisa membuat Anda tersenyum lebar meski baru saja bangun tidur.

Namun hati-hatilah. Menurut penelitian terbaru, menyantap bacon lebih dari tiga potong per hari ternyata bisa meningkatkan potensi sakit jantung.

Mengutip The Independet, kemungkinan ini meningkat sampai seperempat kali lipatnya. Penelitian ini dikembangkan dari penelitian terdahulu tentang bahaya kesehatan menyantap terlalu banyak daging olahan.


Kembali ke 1970, menyantap 50 gram daging olahan per hari akan meningkatkan risiko kematian karena sakit jantung sampai 24 persen.

Ini juga akan meningkatkan risiko diabetes sampai 32 persen. Selain itu risiko kanker juga akan meningkat delapan persen.

Penelitian dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, mempelajari tentang bahaya menyantap daging merah seperti sapi, babi, domba, sapi muda, dan kerbau. Penelitian juga mengungkapkan bahwa menyantap aneka daging proses seperti ham, sosis, bacon, frankfurtes, dan salami.

Hasilnya, penelitian menemukan bahwa menyantap lebih dari 100 gram daging tak proses per hari juga akan meningkatkan kemungkinan kanker prostat dan usus sampai 19 dan 17 persen.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa hal ini mungkin terjadi karena kebiasaan memasak daging dengan temperatur tinggi. Proses memasak seperti ini akan menghasilkan bahan kimia yang disebut heterocylic amines yang dipercaya meningkatkan risiko kanker pada manusia.

Sedangkan risiko kanker yang meningkat akibat makan daging proses atau daging olahan adalah karena kandungan garamnya yang tinggi. Selain garam, kandungan nitrit dan bahan kimia tambahan lainnya termasuk pengawet akan berbahaya untuk tubuh.

Hanya saja ini tak berarti kalau Anda tak bisa menikmati daging olahan atau daging lain. Anda boleh saja menyantapnya tapi dalam jumlah yang terbatas dan terukur. (vga)