Puluhan Koki Masak 5.836 Pizza Kurang dari 12 Jam

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Selasa, 13/09/2016 15:50 WIB
Puluhan Koki Masak 5.836 Pizza Kurang dari 12 Jam Ribuan pizza itu dibuat, dipanggang dan disajikan di depan warga Puglia, Italia. Setiap jamnya, ada 550 pizza yang dikeluarkan dari pemanggang. (Dok.CHE PIZZA-Festa della Pizza)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa yang tak suka dengan pizza? Sajian khas Italia yang berbahan utama tepung, saus tomat dan keju ini sudah mengakrabi jutaan lidah masyarakat dunia.

Hal itu membuat sejumlah koki di Puglia, sebuah kota di sebelah tenggara Italia, membuat sebuah rekor dunia terbaru, yaitu dengan memanggang lebih dari lima ribu pizza kurang dari 12 jam.

Mengutip Lonely Planet, rekor tersebut dipecahkan dalam rangka merayakan sebuah festival yang bertema pizza. Di hari ke-tiga festival tersebut, sebanyak 5.836 pizza dipanggang dan disajikan di hadapan masyarakat.


Para koki bertekad untuk mengalahkan rekor tahun lalu yang dipegang oleh Naples Academy of Pizza di Chiasso, Swiss, dengan pembuatan 5.070 pizza.

Untuk mewujudkan misi tersebut, koki-koki yang berjumlah 43 orang ini pun menghasilkan 550 pizza setiap jamnya. Alhasil, dalam tempo sepuluh jam dan 23 menit, para koki dari Puglia telah berhasil memecahkan rekor.

Meski begitu, juru masak ini tetap melanjutkan aksi mereka hingga kembali membuat lebih dari 766 pizza di sisa waktu yang ada.

Tak main-main, pizza yang diakui Guinness World Record hanyalah pizza dengan kualitas tinggi. Para juri pun melakukan pengecekan yang ketat, seperti memeriksa adonan dasar pizza, serta mengukur diameter pizza yang diperlukan, yaitu sekitar 31 centimeter.

Sayangnya, berdasarkan laporan warga lokal, sekitar 450 pizza atau tujuh persen dari pizza yang dibuat tersebut tak memenuhi syarat.

Seluruh pizza yang telah dibuat kemudian dibagikan kepada badan amal setempat dan kepada orang-orang yang melintasi area festival tersebut.

Sebelumnya pada awal 2016, sebanyak 250 koki membuat pizza terbesar di Naples, Italia. Dibutuhkan waktu 26 jam untuk membuat banyak pizza yang dijejer sepanjang 1.854 kilometer.

Pembuatan pizza raksasa itu membutuhkan 1.600 kilogram tomat, 2.000 kilogram tepung dan keju mozarella, serta 200 liter minyak dan 30 kilogram basil.

(meg/vga)