Sepuluh Museum Terbaik di Indonesia Pilihan Wisatawan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 19/09/2016 20:21 WIB
Sepuluh Museum Terbaik di Indonesia Pilihan Wisatawan Museum Agung Rai di Ubud, Bali (Dok. Facebook ARMA Museum & Resort (Official))
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa bilang berwisata dan menghabiskan liburan di museum adalah hal yang membosankan? Museum kini bukan lagi tempat yang membosankan.

Museum kini makin berbenah diri dan tampil lebih modern. Semua dilakukan demi upaya meremajakan diri sekaligus membuka diri bagi pengunjung di berbagai usia.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki beragam museum yang sarat akan ilmu pengetahuan dan sejarah.


Museum-museum ini pun membuat banyak wisatawan domestik dan mancanegara pun tak ragu untuk mengunjungi museum lokal di Indonesia.

Menyadari potensi museum sebagai salah satu obyek wisata favorit pelancong, TripAdvisor sebagai salah satu portal penyedia layanan wisata memberikan penghargaan untuk museum paling favorit di Indonesia pilihan penggunanya, Travellers choice awards for Museums.

Berdasarkan ulasan dari para pengunjung yang dikumpulkan selama 12 bulan, Agung Rai Museum of Art (ARMA) dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia. Museum ini berada di kawasan Ubud, Bali.

Sejak dibangun oleh Agung Rai, museum ini memang ditujukan sebagai tempat pelestarian dan pengembangan seni dan budaya di Bali. Museum ini sudah dibuka sejak tahun 1996 lalu.

“Ini adalah sebuah kehormatan untuk menerima penghargaan ini yang melambangkan pengakuan pengunjung seluruh dunia terhadap museum ini. Penghargaan ini juga menjadi sebuah janji dan komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan. Ini juga sekaligus jadi langkah awal untuk mengembangkan museum,” kata Anak Agung Yudi Sadona, Direktur dari ARMA Museum dalam pernyataan.

“Kami tidak akan berpuas diri dan selalu berusaha untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi semua pengunjung, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.”

Menyusul di posisi ke-dua, museum Ullen Sentalu yang ada di Yogyakarta pun tak mau kalah. Sedangkan di posisi ke-tiga terdapat Museum Batik Danar Hadi.

Hanya saja, yang disayangkan, museum-museum di Indonesia belum bisa mendapatkan posisi terbaik di kawasan Asia, bahkan dunia. Museum-museum di Indonesia masih harus bersolek lagi untuk bisa menunjukkan taringnya di mata dunia.

Museum terbaik di Asia pilihan wisatawan adalah Museum Qin Terra-cotta Warriors dan Horses. Museum ini berada di Xi’an, China. Museum ini juga diakui sebagai keajaiban dunia ke delapan dan juga masuk dalam daftar situs warisan UNESCO.

Sedangkan museum terbaik di dunia yang dipilih wisatawan adalah Metropolitan Museum of Art. Museum ini berada di New York City, Amerika Serikat.

Berikut daftar lengkap museum terbaik di Indonesia, Asia, dan dunia:

Indonesia:

1. Agung Rai Museum of Art (ARMA)
2. Ullen Sentalu
3. Museum Batik Danar Hadi
4. Neka Art Museum
5. Museum PASIFIKA
6. Museum Blanco
7. Museum Sampoerna
8. Museum Nasional
9. Museum Bank Indonesia
10.Museum Aceh Tsunami

Asia:

1. The Museum of Qin Terra-cotta Warriors and Horses, China
2. War Remnants Museum – Ho Chi Minh, Vietnam
3. Tuol Sleng Genocide Museum – Phnom Penh, Kamboja
4. Hiroshima Peace Memorial Museum – Hiroshima, Jepang
5. Vietnam Museum of Ethnology – Hanoi, Vietnam
6. Hellfire Pass Memorial Museum and Walking Trail – Saiyok, Thailand
7. National Palace Museum – Taipei, Taiwan
8. Islamic Arts Museum – Kuala Lumpur, Malaysia
9. Hong Kong Museum of History – Hong Kong, China
10.Pinang Peranakan Mansion – Penang, Malaysia

Dunia:

1. The Metropolitan Museum of Art – New York City, America Serikat
2. Art Institute of Chicago – Chicago, America Serikat
3. State Hermitage Museum and Winter Palace – St. Petersburg, Rusia
4. Musee d’Orsay – Paris, Prancis
5. National Museum of Anthropology (Museo Nacional de Antropologia) – Mexico City, Meksiko
6. The National 9/11 Memorial & Museum – New York City, America Serikat
7. Prado National Museum – Madrid, Spanyol
8. British Museum – London, Inggris
9. Acropolis Museum – Athena, Yunani
10.Vasa Museum – Stockholm, Swedia


(chs)