Tiga Emas Pariwisata Bagi NTT

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Jumat, 23/09/2016 15:24 WIB
Di ajang penghargaan wisata Anugerah Pesona Indonesia, NTT membawa pulang tiga emas, satu perak dan satu perunggu. Matahari terbenam di Pulau Rinca, (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nusa Tenggara Timur tengah menjadi primadona pariwisata Indonesia. Hal itu terbukti dari kemenangan NTT di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) dari Kementerian Pariwisata.

Dari 10 kategori yang dilombakan, NTT membawa pulang tiga emas, satu perak dan satu perunggu, membuat NTT meraih gelar juara umum. Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung memberikan penghargaan tersebut pada Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Di ajang tersebut, Menpar juga menyebut kepanjangan baru dari NTT.


“NTT itu New Tourism Territory,” ujar Arief.

Lebih lanjut, Arief menjelaskan bahwa NTT menawarkan paket wisata lengkap bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Wisata bahari, kuliner, budaya, semua ada dan kualitasnya sudah masuk kategori world class,” sambung Arief.

Dia mencontohkan Pantai Nemberala di Kabupaten Rote Ndao. “Ombaknya ramah bagi peselancar, dan sekarang banyak dikunjungi peselancar mancanegara, terutama dari Australia,” paparnya

Di ajang API, Pantai Nemberala menjuarai kategori Most Popular Surfing Spot.

Penghargaan lainnya yang dibawa pulang NTT adalah Most Popular Cleanliness atau Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya, bagi Pantai Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat.

“Ini melengkapi gelar hotel terbaik dunia 2016 yang diraih Nihiwatu Resorts versi Majalah travel internasional Travel+Leisure,” kata Frans, yang menyebut Nihiwatu mengedepankan konsep ekoturisme.

Nihiwatu menawarkan berbagai kegiatan yang dekat dengan alam dan budaya, seperti trekking, safari, berkuda, memasak makanan lokal, hingga keliling pasar tradisional Waikabubak.

Kemudian untuk kategori situs sejarah terpopuler, trofi juara diraih situs Bung Karno Ende, dengan lima cabang pohon sukun yang menginspirasi lahirnya Pancasila.

Sementara trofi emas ketiga bagi NTT didulang lewat kategori tempat menyelam terpopuler, yakni Pulau Alor di Kabupaten Alor yang punya 18 titik selam.

Adapun penghargaan keping perak diraih lewat kategori atraksi budaya terpopuler yang disumbang atraksi budaya Pasola di Sumba Barat Daya, serta kategori dataran tinggi terpopuler, yakni Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu.

Guna lebih memajukan wisata NTT, Arief berjanji melakukan tiga upaya, terutama di celah wisata yacht, perpanjangan bandara Wonopito dan penambahan jumlah penginapan berbentuk homestay. (les)