Salip Thailand, Indonesia Ramai Dikunjungi Turis Perancis

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Minggu, 25/09/2016 09:32 WIB
Jumlah tersebut merupakan sebuah kabar baik untuk promosi Wonderful Indonesia di Perancis, yang sudah dilaksanakan sejak awal tahun ini. Ilustrasi wisata di Labuan Bajo, Indonesia. (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wisatawan Perancis yang berwisata ke Indonesia sepanjang liburan musim panas pada Juli dan Agustus 2016, mengalami peningkatan sejumlah 35 persen. Jumlah tersebut bahkan mengalahkan jumlah kedatangan turis Perancis ke Thailand.

Ini untuk pertama kalinya Indonesia menjadi destinasi favorit turis Perancis, demikian keterangan pers yang dirilis oleh Union Tour Operator Perancis (SETO), seperti yang dikutip dari Antara pada Minggu (25/9).

Peningkatan tersebut terungkap dari hasil penjualan paket wisata oleh seluruh agen wisata di Perancis, untuk liburan musim panas sepanjang bulan Juli dan Agustus 2016.


Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika, Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya, mengatakan sejumlah destinasi wisata di Indonesia memang sudah mulai dilirik oleh turis Perancis.

"Suatu kepuasan untuk Indonesia bisa mengalahkan Thailand, yang notabene harga wisata ke Thailand lebih murah daripada Indonesia," kata Nia.

Thailand berada di posisi ke-dua, dengan jumlah kedatangan turis Perancis sebanyak 32 persen, sedangkan Jepang berada di posisi ke-tiga dengan jumlah 20 persen dan Vietnam di posisi ke-empat dengan jumlah 17 persen.

Kepala Kantor Pariwisata Indonesia di Paris, Eka Moncarre, mengatakan jumlah tersebut merupakan sebuah kabar baik untuk promosi Wonderful Indonesia di Perancis, yang sudah dilaksanakan sejak awal tahun ini.

"Masih ada lima bulan lagi sebelum mengakhiri tahun 2016 untuk mencapai target kedatangan 250.000 turis dari Perancis ke Indonesia," ujar Eka.

(ard)