Menpar Minta Pemda Sulteng Kembangkan Pariwisata

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 26/09/2016 16:22 WIB
Menpar Minta Pemda Sulteng Kembangkan Pariwisata Pengunjung di objek wisata Pusat Laut di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (18/9).(ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Arif Yahya meminta pemerintah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengembangkan sektor pariwisata, sebagai pengembang sektor jasa di daerah.

"Sektor pariwisata menjadi sektor pengembangan pembangunan yang sangat menjanjikan dan memiliki peluang yang sangat besar untuk kemajuan daerah," kata Arif Yahya, di Palu, Minggu (25/9), seperti yang dikutip dari Antara.

Arif menyebut Indonesia memiliki banyak objek wisata yang menarik, yang dapat dipadukan dengan pengembangan sosial budaya atau kearifan lokal yang ada di setiap daerah.


Sulawesi Tengah, kata Arif, menjadi salah satu dari sekian banyak daerah di Indonesia yang memiliki objek-objek wisata menarik, yang dapat dikembangkan untuk kemajuan daerah.

Oleh karena itu, daerah perlu menggenjot dan mensinergikan program pengembangan wisata dengan pemerintah pusat, agar upaya untuk membangun dan memaksimalkan potensi kemaritiman oleh Presiden Joko Widodo tercapai.

"Kita perlu membangun sinergitas antar daerah dan pemerintah pusat, untuk pemaksimalan pemanfaatan dan pengelolaan sektor kemaritiman melalui pengembangan sektor pariwisata," ujar Arif.

Sektor pariwisata akan menjadi penyumbang terbesar devisa negara, dikarenakan beberapa sektor lain seperti minyak dan gas, pertambangan emas, nikel dan potensi sumber daya mineral lainnya mengalami penurunan, katanya.

Disisi lain, Arif mengakui masyarakat dari berbagai mancanegara dan nusantara memiliki animo yang sangat besar untuk berwisata atau rekreasi, bahkan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di sektor pariwisata.

Hal itu harus menjadi semangat pemerintah untuk menuntaskan kemiskinan dengan membuka lapangan pekerjaan, lewat pemaksimalan sektor jasa pariwisata di berbagai daerah yang memiliki objek-objek wisata yang menarik.

"Tentu pemerintah pusat tidak akan diam, melainkan akan terus membantu pemerintah daerah untuk kembangkan sektor wisata yang kedepan sangat menjanjikan," kata Arif.

(ard)