WHF: 80 Persen Kematian Dini Akibat Penyakit Kardiovaskular

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 26/09/2016 09:57 WIB
Penyakit kardiovaskular atau yang berkaitan dengan jantung dapat dicegah, jika empat faktor risiko utamanya dapat dikendalikan. Ilustrasi jantung. (Thinkstock/Thom_Morris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 80 persen kematian dini yang terjadi di seluruh dunia rata-rata disebabkan oleh penyakit kardiovaskular--seperti jantung dan stroke, menurut data dari World Heart Federation (WHF) atau Yayasan Kesehatan Jantung Dunia.

Kardiovaskular merupakan sistem jaringan pembuluh darah dan jantung. Apabila sudah menyerang, bisa meningkatkan risiko kematian lebih tinggi. Penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

"Pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara rutin diharapkan dapat mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan," kata Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Syahlina Zuhal, di Jakarta, Minggu (25/9), seperti yang dikutip dari Antara.


"Selain itu, kami juga berharap masyarakat tetap waspada akan ancaman penyakit kardiovaskular yang dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin dan juga usia," lanjutnya.

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tahun pada 29 September, dengan tema yang berbeda-beda, sesuai isu-isu pokok dan topik yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Pada perayaan Hari Jantung Sedunia kali ini, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan berkala untuk kesehatan jantung yang optimal.

Penyakit kardiovaskular sebenarnya dapat dicegah, jika empat faktor risiko utamanya seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, kurang aktivitas fisik dan konsumsi berlebihan minuman beralkohol, dapat dikendalikan.

(ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK