Hotel Berpantai Indah di Bali Masuk Daftar Terbaik Dunia

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Rabu, 28/09/2016 10:31 WIB
Hotel Berpantai Indah di Bali Masuk Daftar Terbaik Dunia Nusa Dua, Bali (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/ama/15)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pantai adalah salah satu lokasi wisata yang diminati banyak orang. Tak jarang, orang rela menghamburkan banyak uang agar bisa menikmati keindahan pantai secara langsung dari kamar atau selasar hotelnya.

Untuk itu, sejumlah pihak berlomba-lomba untuk mendirikan hotel dan villa di pinggir pantai berpanorama terindah. Sebagaimana diberitakan pada laman CNN, terdapat 21 hotel di dunia yang memiliki pantai terindah, dari Australia hingga Karibia.

Salah satu dari 21 hotel tersebut adalah The Mulia, Mulia Resort & Villas yang terletak di Nusa Dua, Bali, Indonesia. Tentu saja hal ini adalah sebuah prestasi yang gemilang bagi pihak hotel. Indonesia pun patut berbangga dengan prestasi kali ini.


"Kami tentu terkejut dan merasa sangat terhormat terpilih sebagai satu-satunya hotel di Indonesia yang mendapat penghargaan itu," ujar Adhiyanto Wongso, Director of Communications The Mulia, Mulia Resort & Villas, Nusa Dua, Bali, saat dihubungi CNNIndonesia.com, baru-baru ini.

The Mulia sendiri berdiri di atas tanah seluas 30 hektare dengan dua jenis penginapan: The Mulia Resort dan The Mulia Villas, yang terdiri dari 108 vila mewah, masing-masing dilengkapi kolam renang pribadi serta kamar mandi indoor dan outdoor.

Konstruksi bangunannya juga ramah lingkungkan. Ini terlihat dari bentuk bangunan yang mengikuti arah angin.

"Banyak terdapat area ruang terbuka dan ventilasi yang lebar, sehingga setiap bangunan dapat memaksimalkan sirkulasi udara dengan angin yang berembus," Adhiyanto menambahkan.

Selain suasana sejuk, Pantai Geger yang menjadikan hotel ini berpemandangan menarik.

"Pantai Geger, selain terkenal di kawasan Nusa Dua juga dikenal sebagai salah satu pantai terbaik di Bali karena warna pasir yang putih, juga lembut," kata Adhiyanto.

Memang, terdapat beberapa hotel yang berjajar di sepanjang Pantai Geger. Namun Adhiyanto mengklaim The Mulia menawarkan sisi lain dari Pantai Geger.

Ia berujar, "Pura Geger bisa dilihat dari resort kami, dan itu merupakan suatu daya tarik yang unik karena tidak semua hotel memiliki pemandangan Pura Geger."

Melihat adanya potensi daya tarik tersebut, pihak hotel pun tak menyia-nyiakannya. Secara rutin karyawan di The Mulia selalu melakukan perawatan pantai.

"Pembersihan pantai," Adhiyanto menerangkan, "dilakukan secara terus menerus setiap harinya guna menjaga kebersihan dan keasrian seluruh area pantai."

Salah satu bentuk perawatan yang dilakukan adalah dengan membersihkan pantai dari rumput laut. "Selain itu, sand raging atau merapikan pasir juga dilakukan agar pantai selalu tertata rapi."

Tak hanya kebersihan pantai, Adhiyanto juga menegaskan bahwa pihaknya turut menjaga kelestarian fauna di habitatnya.

"Kami melarang kegiatan maupun permintaan dari tamu untuk melakukan kegiatan penangkapan atau pelepasan tukik," ia memaparkan.

Ia juga menjelaskan bahwa seluruh flora yang ditanam mendapat penanganan yang tepat. "Jenis pupuk dan perawatan yang sesuai diberikan guna melestarikan berbagai jenis tanaman secara menyeluruh."

Untuk menambah ketertarikan wisatawan, Adhiyanto mengungkapkan bahwa The Mulia baru saja membuka fasilitas baru, yaitu garden area dengan pemandanga pantai dan Pura Geger. Taman tersebut pun ditempatkan di area dalam hotel agar kelestariannya tetap terjaga dengan baik.

Ke depannya, Adhiyanto dan pihak The Mulia akan terus mempertahankan standar pelestarian dan perawatan pantai demi keindahan yang memikat mata dunia.



(vga/vga)