Kreasi Ubi Panggang dengan Aneka 'Topping' Meriah

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Jumat, 30/09/2016 13:27 WIB
Kreasi Ubi Panggang dengan Aneka 'Topping' Meriah Ubi diiris tipis, macam roti, lalu dipanggang dan diberi aneka topping dari avokad sampai hummus. Cocok untuk sarapan. (Screenshoot via Youtube/Mind Over Munch)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak sedikit orang mungkin bingung menentukan menu sarapan sehat setiap harinya. Atau mungkin merasa bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja?

Jika ya, Anda bisa mencoba menu sehat yang satu ini: ubi panggang. Tak sulit untuk membuat makanan rendah kalori dan kaya vitamin serta mineral ini. Anda cukup memotong ubi tipis, macam roti tawar, lalu memanggangnya.

Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, tergantung ketebalan irisan ubi, juga sayuran. Perlu diperhatikan pula bahwa jangan sampai proses pemanggangan membuat ubi hancur lantaran kelewat garing.


"Ubi h
arus renyah pada bagian luar dan lembut di bagian dalam," ujar Alyssia Sheikh, perempuan yang berprofesi sebagai Toast Master.

Dalam sebuah video yang diunggah di saluran Facebook Mind Over Munch, ia memberikan beberapa pilihan topping atau taburan pendamping ubi panggang.

1. Garlic Hummus Toast

Oleskan bawang putih tumbuk ke seluruh permukaan ubi sebagai pengganti mentega. Lalu, tambahkan hummus, dan ditumpuk irisan tomat, timun, serta perasan jeruk lemon.

2. Berries and Coconut Cream Toast

"Mungkin ini terlihat aneh, tapi rasanya sangat enak," kata Alyssia. Pertama, panggang ubi seperti biasa. Lalu, diolesi Coconut Cream, tumpuk dengan irisan stroberi dan blueberry.

3. Avocado Egg Toast

Anda cukup memanggang ubi dan menumpuknya dengan irisan avokad. Setelahnya, letakkan telur mata sapi dan taburkan bubuk cabai.

4. Peanut Butter Banana Toast

Setelah ubi dipanggang, oleskan selai kacang secukupnya, lalu tumpuk dengan irisan pisang. Anda bisa menambahkannya pula dengan taburan kayu manis di atasnya.

5. Cream Cheese and Salmon Toast

"Ini adalah favorit saya sepanjang masa," katanya. Oleskan krim keju, tumpuk dengan irisan salmon yang sudah diasap dan bawang bombay, serta perasan jeruk lemon.

Sebagaimana diberitakan Independent, resep tersebut, terutama topping-nya tak hanya bisa digunakan untuk ubi panggang saja, melainkan juga untuk roti tawar.

[Gambas:Youtube]


(vga/vga)