Rekomendasi Kuliner

Bleu8, Restoran 'Biru' yang Memanjakan Mata, Otak, dan Perut

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 30/09/2016 20:23 WIB
Bleu8, Restoran 'Biru' yang Memanjakan Mata, Otak, dan Perut Grilled salmon di Bleu8 restoran (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ruangan yang didominasi warna biru muda yang lembut membuat perasaan jadi lebih santai dan dingin. Ruangan di restoran Bleu8 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta memang sengaja didominasi dengan warna biru pastel yang lembut untuk mencerahkan suasana.

“Didesain dengan warna biru ini dengan tujuan untuk menyelaraskannya dengan warna kolam renang yang ada di hadapan,” kata Kris Mikail Silitonga, Assistant Director of Communications Hotel Mulia Senayan, Jakarta kepada CNN Indonesia.com.

“Dulunya, restoran ini hanyalah open bar. Tapi saat itu akhirnya diputuskan untuk membuat restoran indoor agar orang bisa santai dengan nyaman.”


Meski sudah dibuat menjadi restoran indoor namun restorannya ‘dibingkai’ dengan pintu kaca yang besar. Anda masih bisa melihat birunya langit dan air kolam renang yang menyegarkan. Di sore hari, dari balik kaca jendela, merambatnya matahari untuk kembali pulang ke peraduannya dan menyisakan semburat warna-warni cantik di langit bisa dinikmati dengan puas.

“Dari sini bisa lihat sunset,” katanya.

Pemandangan indah yang memanjakan mata, akan membuat otak pun jadi santai. Tak ketinggalan, perut Anda juga bakal dimanjakan dengan aneka makanan yang nikmat.
Pemandangan kolam renang dari Bleu8 (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)

Udara segar pun bisa dinikmati jika lokasi bersantap yang dipilih adalah kursi santai di pinggir kolam renang. Dengan mengusung tema dine and relax, beragam camilan nikmat bisa jadi teman pembunuh waktu yang menyenangkan.

Bleu8 menghadirkan beragam pilihan tapas yang nikmat. Salah satu tapas andalannya adalah Spanish Tapas. Tiga pilihan tapas yang bisa jadi pilihan adalah baccala croquettes, king crab avocado rolls, dan basco (bocadillos grilled vegetables brie and bresaola).

Empat buah baccala croquettes ini tampil dengan warna yang memesona. Warna kuning keemasan ini tampak makin menggoda dengan kerenyahan kulit luarnya. Sang chef membuat kroket ini dengan tambahan daging ikan di dalamnya.

Ikan-ikan ini kemudian ditambahkan dengan beragam bumbu dan dibentuk oval dan digoreng sampai kecokelatan. Tak ada rasa amis yang tercecap dari kroket ikan ini. Rasa ikannya pun tak terlalu kuat, namun sensasi lembutnya berpadu dengan kerenyahan kulit luarnya.

Rasa tapas yang unik bisa didapatkan dari king crab avocado rolls. Sekilas tapas ini terlihat seperti sushi. Dengan lapisan hijau yang menyelubungi isian putih di dalamnya. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan menyegarkan. Saat disantap campuran alpukat yang menyatu dengan 'suwiran’ daging king crab yang 'tebal' dan creamy.

Bukan cuma tapas, santapan yang mengenyangkan perut bisa jadi pilihan. Aneka santapan khas Asia, Barat, dan Indonesia bisa jadi pilihan. Beragam menu barat yang disajikan seperti Australian Back of Lamb, Austraian Black Angus Beef Tenderloin, Grilled Norwegian Salmon Fillet, Grilled Seafood and Paela, Chicken Cordon Bleu, dan Linguine and Prawn.
Avocado King Crab (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)


Sedangkan menu makanan Indonesia yang bisa dipilih antara lain ‘Mulia’ sup buntut, nasi goreng, nasi tongkol ikan bakar, nasi timbel ulam bakar,  satay Cilacap, sampai nasi liwet Solo. Menu Asianya antara lain wonton noodles, hainan chicken rice, dan penang char kway teow.

“Untuk tiap negara kami punya chef yang berbeda. Chef untuk makanan barat berbeda dengan chef makanan Indonesia dan Asia. Semua ada spesialisasinya masing-masing.”

Salah satu menu yang menarik untuk dicicipi adalah Grilled Salmon. Mungkin Anda berpikir kalau sajian salmon di Bleu8 sama dengan salmon lainnya. Salmon yang disajikan punya ukuran yang cukup besar dan berdaging tebal.

Di bagian atasnya, salmon tak dibiarkan polos. Di bagian atasnya, salmon dipanggang bersama dengan crust renyah yang dibuat dari ‘remahan’ sayuran. Tekstur salmon yang lembut dan gurih ini menyatu sempurna dengan crust yang garing.

Rasanya semakin nikmat dengan tambahan saus lemon butter yang menyegarkan. Kombinasi rasa gurih, sedikit asam, dan ‘buttery' terasa memenuhi mulut.

Sebagai hidangan pelengkapnya, sajian pendamping yang ditambahkan adalah sayuran panggang. Irisan paprika merah dan kuning, jamur shitake, irisan mentimun yang dipanggang akan membantu membuat salmon makin kaya rasa.
Wine (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)


Untuk melengkapi citarasanya, segelas minuman segar akan membuat santapan makin nikmat. Sajian teh, jus, kopi, sampai wine pun tersedia di sini. Jika ingin yang unik, Asian Essense bisa menyegarkan tenggorokan. Kombinasi sayuran pok choy dengan madu dan nanas di dalamnya membuat warna hijau yang segar dan sehat.

“Bleu8 juga memiliki wine trolly. Pelanggan bisa memilih wine sesuai keinginannya. Ada yang disajikan per gelas, per botol, ataupun free flow,” ucapnya.

Saat blue bertemu pink

Sebagai bentuk kepedulian akan penderita kanker payudara, restoran ini menghadirkan hidangan spesial. Hidangan afternoon tea dengan aneka dessert yang manis dan nikmat akan memuaskan hasrat bersantap Anda.

Makaron, cake, scone, sampai savoury cake yang berlapis salmon, irisan tipis beef dan eclair berisi tuna wajib Anda coba. Uniknya semua cake cantik ini hair dalam warna pink. Beragam minuman segar dan cantik dengan warna merah muda juga bisa dinikmati di sini.

Bukan hanya kuenya yang tampil dalam warna pink, tapi juga piranti penyaji dan cangkir-cangkirnya yang cantik. Warna pink ini terlihat menonjol dan cantik ketika menyatu dalam ruangan yang didominasi warna biru cerah.

Keceriaan warna pink ini bisa Anda nikmati saat pink afternoon tea, dan pink sunday brunch. Selama bulan Oktober 2016, para tamu yang datang dengan busana berwarna pink juga akan mendapatkan minuman spesial yang menyegarkan. Dan tentunya minumannya juga berwarna pink segar.

pink afternoon tea (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)



(chs)