Alleira Batik, Suguhkan Batik Indonesia dalam Gradasi Warna

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 03/10/2016 02:32 WIB
Kain yang memikat hati, memesona, dan menarik hati ini yang dikenal dengan Alleira. Lini batik premium ini dulunya didirikan di garasi rumah. Fesyen show Alleira (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Batik bukanlah selembar kain biasa. Batik dibuat dengan beragam proses yang rumit dan panjang. Goresan malam dari canting ini akan menghasilkan berbagai gambaran motif yang memikat hati, memesona, dan menarik hati.

Kain yang memikat hati, memesona, dan menarik hati inilah yang dikenal dengan Alleira. Alleira adalah salah satu label batik di Indonesia yang awalnya didirikan di sebuah garasi rumah. Namun seiring perkembangan waktu, para pendirinya bekerja lebih keras dan menghasilkan beragam inovasi.

“Alleira Batik didirikan pada 5 Oktober 2005. Pendirinya adalah para pecinta batik Indonesia,” kata Zakaria Hamzah, COO Alleira Batik kepada CNN Indonesia.com.


Menyadari bahwa ada banyak motif batik di Indonesia, Alleira pun menghadirkan ciri khasnya sendiri. “Ciri khas koleksi Alleira sejak awal berdirinya adalah batik warna pelangi atau gradasi,” ucapnya.

Zakaria mengungkapkan bahwa Alleira batik tak begitu saja mengaplikasikan motif batik daerah ke dalam karyanya. Dia mengaku kalau Alleira memiliki motif yang diciptakannya sendiri.

“Motif batiknya adalah touch of modern dengan filosofi east meet west,” kata Zakaria.

“Di samping itu setiap tahunnya, Alleira selalu menciptakan motif-motif tertentu dari daerah yang dipilih, misalnya Sumatera, Bali, Makassar, Manado, dan daerah lainnya.”

Motif-motif batik ini kemudian diolah di tangan para desainer sehingga motif, siluet, dan warnanya bisa dikreasikan sesuai dengan tren yang kekinian.

Menyadari bahwa batik sebenarnya adalah milik berbagai daerah di Indonesia, Zakaria mengungkapkan bahwa Alleira menjalin kerjasama dengan perajin batik. Mereka memiiki konsep kerjasama mitra usaha untuk menambah lapangan kerja dan pendapatan daerah. Hal ini pulalah yang diakui Zakaria akhirnya membuat batik Alleira memiliki harga yang premium. "Proses batik kami hand made, di samping itu proses pembuatannya berulang dan panjang."

“Apalagi sekarang ini industri batik sangatlah maju, apalagi sekarang sudah diakui sebagai warisan budaya yang sudah diakui UNESCO.”

Pengakuan UNESCO akan batik Indonesia ini secara tak langsung menimbulkan tantangan besar bagi industri batik Indonesia, tak terkecuali untuk Alleira.

“Tantangan terbesarnya tidak hanya di industri batik, tapi di industri fesyen secara keseluruhan. Karena saat ini ekonomi sedang lesu tapi harus optimis agar industri fesyen batik lebih maju lagi.”


(chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK