'Gaun Payudara' Saint Laurent Terinspirasi Lil' Kim?

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Senin, 03/10/2016 21:05 WIB
'Gaun Payudara' Saint Laurent Terinspirasi Lil' Kim? Koleksi Saint Laurent di the Hollywood Palladium di Los Angeles, California February 10, 2016. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru-baru ini desainer Saint Laurent, Anthony Vaccarello meluncurkan koleksi terbarunya di pagelaran Paris Fashion Week. Koleksi busananya pun menjadi perbincangan seru di publik lantaran koleksi busananya yang kontroversial.

Jika dulu desainer Rick Owens mengeluarkan koleksi yang memperlihatkan alat kelamin pria, kini Vaccarello mengeluarkan busana yang memperlihatkan payudara perempuan.

Untuk koleksi Autumn/Winter-nya, Vaccarello membuat sebuah gaun berbahan kulit tanpa lengan yang memperlihatkan bagian dada sebelah kiri. Banyak candaan yang menyebut gaun tersebut sebagai gaun nip-slip (puting payudara si pemakai tak sengaja terlihat saat memakai gaun), meski sebenarnya gaun ini bukanlah nip-slip karena gaya gaunnya memang sengaja dibuat demikian.


Namun Vacarello tak mentah-mentah memamerkan payudara sang model. Gaun yang digunakan oleh model Binx Walton tersebut dilengkapi dengan glitter bentuk hati yang diletakkan tepat di atas puting payudara sebelah kiri. Gaun asimetris tersebut pun membuat publik kaget. Tapi banyak juga yang memuji keberanian Vaccarello.

Sedangkan untuk koleksi Spring/Summer 2017, ia justru merancang busana yang lebih frontal lagi, yaitu gaun mini berbahan kulit dengan kain tipis pada bagian dada hingga lengan, yang memperlihatkan payudara para model yang mengenakannya. Gaun berwarna hitam tersebut juga dihiasi dengan glitter di bagian dada.

Sebelumnya, persoalan mengenai memamerkan puting payudara ini telah menjadi sorotan sejak 2014. Hal ini terbukti dengan adanya kampanye bertajuk Free The Nipple dan juga film garapan Lina Esco dengan judul yang serupa. Sejumlah selebriti turut mendukung gerakan tersebut melalui media sosial dengan mengunggah foto mereka yang bertelanjang dada.

Namun, di awal tahun ini sejumlah warga menuntut kota Fort Collins di Colorado yang telah membiarkan warganya untuk telanjang dada di muka umum. Pihak Fort Collins berujar bahwa seharusnya perempuan diperbolehkan untuk memamerkan dada dan puting mereka selayaknya laki-laki, tanpa perlu merasa takut ditangkap atau dituntut.

Mungkin saja gaun rancangan Vaccarello ini sengaja dibuat untuk perdebatan, dan tentu saja gaun dari Saint Laurent ini telah membuat kisah baru di era #freethenipple.

Jika ditelisik lebih lanjut, gaun dengan gaya seperti ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya penyanyi Lil' Kim pernah menggunakan gaya one shoulder yang memperlihatkan sebelah payudaranya.

Lil' Kim 'mempopulerkan' busana tersebut saat menghadiri MTV VMA tahun 1999 lalu. Dia menggunakan jumpsuit berwarna ungu cerah dengan motif yang menyerupai batik. Payudara sebelah kirinya terbuka, namun di bagian putingnya ditutup dengan kain serupa yang dipotong berbentuk kelopak bunga.

(chs)