Zayn Malik Dianggap Berpengaruh di Industri Mode

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 06/10/2016 07:52 WIB
Zayn Malik Dianggap Berpengaruh di Industri Mode Ini merupakan kali pertama Zayn Malik masuk daftar 500 orang paling berpengaruh di dunia mode versi The Business of Fashion atau BoF500. (Dimitrios Kambouris/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keputusan bersolo karier ternyata cukup membawa hoki bagi mantan personel boy band One Direction, Zayn Malik.

Setelah single perdana Pillowtalk melejitkan namanya, kini pria asal Inggris ini ditabalkan sebagai salah satu orang yang berpengaruh di dunia mode.

Ini merupakan kali pertama Zayn masuk daftar 500 orang paling berpengaruh di dunia mode versi The Business of Fashion atau BoF500. Selain Zayn, sang kekasih, Gigi Hadid, pun menempati urutan teratas.


Melansir Independent, The Business of Fashion menjadi salah satu rujukan industri kreatif mode dunia dan setiap tahun merilis daftar orang-orang yang dianggap punya peran penting di dunia mode.

BoF500 bukan dominasi kalangan fashionista saja. Daftarnya tahun ini memuat banyak nama—113 di antaranya pendatang baru—dari desainer, eksekutif, model sampai pesohor, yang terlibat industri mode di 57 negara. 

Pendatang baru yang pertama kali masuk daftar BoF500, antara lain desainer muda asal Skotlandia, Charles Jeffrey, model Adwoa Aboah dan Ruth Bell, maestro tata rias Isamaya Ffrench, serta desainer busana pria Grace Wales Bonner.

Nama-nama tersebut bergabung dengan para 'senior' antara lain David dan Victoria Beckham, Anna Wintour serta Alexa Chung. Menariknya, co-founder Snapchat, Evan Spiegel juga masuk ke dalam daftar.

Deretan selebriti papan atas pun ikut meramaikan daftar penyebar pengaruh pada mode ini untuk pertama kali, dua di antaranya Beyonce dan A$AP Rocky.

Tak terkecuali idola remaja saat ini, Bella Hadid. Adik Gigi yang juga berprofesi sebagai model ini makin melejit setelah bekerja sama dengan label busana kelas kakap macam Chanel, Dior dan Balmain.

Tahun ini pula diberikan 28 posisi permanen di BoF500 bagi mereka yang diakui kontribusinya di industri mode. Beberapa nama, yaitu Kate Moss, Naomi Campbell, Grace Coddington dan mendiang Bill Cunningham.
 
Bukan kali ini saja Gigi mendapat pengakuan dari dunia mode. Beberapa waktu lalu, majalah Forbes menobatkan anak tiri komposer David Foster ini sebagai salah satu model terkaya di dunia.

Kekayaan Gigi diperoleh dari unggahan di media sosial, macam Instagram. Dengan jumlah pengikut lebih dari 20 juta, ia berhasil meyakinkan berbagai label besar untuk beriklan di media sosialnya.

(end/vga)