Kuil Putih di Thailand Kini Pasang Tarif Masuk

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Sabtu, 08/10/2016 21:40 WIB
Kuil Putih di Thailand Kini Pasang Tarif Masuk Kuil di Thailand yang kini pasang tarif masuk. (Dok. Wikimedia commons/JJ Harrison/CC BY-SA 3.0)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs macam candi atau kuil memang tidak selayaknya dibuka untuk turis secara gratis. Berjubelnya banyak orang, terlebih bila di antara mereka nekat berbuat vandalisme, bakal merusak situs.

Apalagi situs kuno yang membutuhkan biaya kebersihan dan perawatan tidak sedikit. Untuk itu, wajib diberlakukan tiket masuk dengan tarif tertentu bagi para turis. Hasil penjualan tiket digunakan untuk melestarikan situs.

Situs Wat Rong Khun atau lebih dikenal dengan White Temple (Kuil Putih) yang terletak di Phan, Provinsi Chiang Rai, Thailand, kini pun memberlakukan tiket masuk yang lumayan terjangkau, yaitu 50 Baht atau Rp18 ribu.
Biaya yang dibayarkan kepada pihak pengelola situs tersebut nantinya akan digunakan untuk perawatan dan kebersihan. Sebagai timbal baliknya, wisatawan akan mendapatkan buku panduan tentang kuil serta sebuah tas.


Seniman yang mendirikan Wat Rong Khun, Chalermchai Kositpipat, berujar bahwa orang-orang yang bekerja di kuil ini merasa penting untuk memiliki kemapanan finansial demi kelangsungan kuil tersebut. Hal itu dimaksudkan agar di masa mendatang, Kuil Putih yang memiliki pemandangan danau buatan ini bisa tetap berdiri dengan apik.
Menurut Chalermchai, diperkirakan lebih dari satu juta orang mengunjungi kuil tersebut tiap tahun. Namun hanya sedikit orang yang bersedia membeli album foto Wat Rong Khun, yang selama ini menjadi sumber utama pendapatan kuil.

Berdasarkan laporan Chiang Rai Times yang dikutip oleh Lonely Planet, harga tersebut hanya berlaku bagi wisatawan asing saja, sedangkan untuk warga Thailand masih bisa mengakses kuil kontemporer tersebut secara gratis.
(vga/vga)