Ajang Kelas Dunia Meriahkan Wisata di Bromo Tengger Semeru

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 11/10/2016 04:25 WIB
Ajang Kelas Dunia Meriahkan Wisata di Bromo Tengger Semeru Ilustrasi wisata di Gunung Bromo. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan industri pariwisata di Bali sangatlah pesat. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mendorong daerah lain agar sama berkembangnya dengan Bali.

Saat ini, sepuluh daerah sudah masuk dalam daftar 10 Bali Baru yang dicanangkan oleh Kemenpar. Salah satu yang masuk ialah Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur.

Pengembangan wisata kawasan yang menyebar di empat kabupaten--Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang, itu terus digenjot agar menyamai kepopuleran Bali di dunia.


Penyelenggaraan ajang internasional menjadi cara menggenjot perkembangan wisata di sana, sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata Arief Yahya, yaitu penguatan atraksi, akses dan amenitas.

Beberapa ajang yang akan digelar ialah Bromo Marathon 2016 (4-6 November 2016), Kejuaraan Supermoto (8-9 November 2016), Turnamen Golf Piala Bupati Pasuruan (8-9 Oktober 2016) dan Bowele Beach Malang Surfing (16 Oktober).

Demi menampung wisatawan yang berdatangan, pembangunan akses dan amenitas juga sudah mulai dilakukan oleh pemerintah daerah di sana.

Salah satunya ialah rencana jalan tol Gempol Pasuruan, yang saat ini sudah dalam tahap pembebasan lahan mencapai 57 persen dan tahap konstruksi 40 persen.

Dalam dua minggu terakhir, Gunung Bromo sempat diberitakan sedang mengalami erupsi. Tentu saja, kehendak alam dapat menunda rencana yang dilakukan oleh manusianya, termasuk pengembangan wisata Bromo Tengger Semeru.

Namun, Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh Malang mengatakan kalau situasi itu tidak terlalu mengganggu aktivitas wisatawan.

"Aktivitas Bromo tidak mengganggu aktivitas di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang. Semua berjalan seperti biasa," kata Suharno.

“Hanya Garuda Indonesia yang sempat dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya. Yang lainnya tetap normal,” lanjutnya.

Tanjung Lesung Juga Berbenah

Tak hanya Bromo Tengger Semeru, Tanjung Lesung yang juga masuk dalam daftar 10 Bali Baru juga terus berbenah.

Dijelaskan oleh PIC Tanjung Lesung, Pokja 10 Top Destinasi Kemenpar, Ida Parwati, pembenahan tersebut dimulai dari sisi akses, beberapa diantaranya ialah rencana pembangunan tol Serang-Panimbang serta jalur kereta api di Rangkasbitung-Pandeglang-Saketi-Labuhan dan bandara di Banten Selatan, yang bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan.

"Kami sedang melakukan perancangan dengan kontraktor, setelah itu pembebasan lahan dan konstruksi," kata Ida.

"Untuk kereta api dan bandara, juga sudah mulai dilakukan pembicaraan ke Kemenhub," lanjutnya.

Sejumlah atraksi wisata juga akan dilaksanakan di Tanjung Lesung, salah satunya yang menari ialah Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung 2016 (18-20 November 2016).

(ard/ard)