10 Hostel Murah Meriah di Pusat Kota Eropa

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 11/10/2016 18:42 WIB
10 Hostel Murah Meriah di Pusat Kota Eropa Suasana Hostel Bureau. (Dok. hostel-bureau.eu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain tiket perjalanan, harga tempat menginap juga menjadi salah satu hal krusial yang selalu dikhawatirkan oleh wisatawan.

Sebenarnya, saat ini terdapat banyak pilihan tempat menginap yang dapat diatur sesuai dana perjalanan wisata, mulai dari hostel, hotel, sampai apartemen.

Tak sedikit wisatawan yang lebih memilih untuk menginap di kamar berbagi ala hostel. Salah satu alasannya ialah dapat menghemat dana, yang bisa digunakan untuk keperluan lain selama liburan, seperti membayar tiket masuk wahana, membeli oleh-oleh atau membayar kelebihan berat bagasi pesawat.


Bagi wisatawan yang tidak ragu untuk menginap di hostel, berikut ini ialah beberapa pilihan hostel dengan tarif di bawah Rp200 ribuan di sekitar pusat kota Eropa, seperti yang dikutip dari Independent pada Selasa (11/10):

1. Berlin, Jerman

Berada di kawasan yang tidak terlalu ramai, namun Hostel Baxpax Downtown berada di dekat pusat kota. Wisatawan yang ingin mengunjungi Brandenburg Gate atau The Holocaust Memorial dapat berjalan kaki 15 menit dari sini. Interior kamarnya cukup nyaman, ditambah dengan adanya bar. Dengan tarif sekitar Rp141 ribuan per malam, wisatawan harus mau berbagi ruangan dengan 24 orang dalam satu kamar.

2. Warsaw, Polandia

Berada di Praga, kawasan yang dijejali keriaan khas hipster, tarif menginap per malam di Hostel Fabryka sekitar Rp115 ribuan, dengan 12 orang dalam satu kamar. Interior ruangannya sederhana--lebih mirip gudang dengan dinding putih dan lantai kayu, namun kebersihannya terjaga.

3. Amsterdam, Belanda

Berada di kawasan Oostpoort, Amigo Budget Hostel dapat dengan mudah dikunjungi dari pusat kota. Bangunannya terbilang baru, dengan interior sederhana dan minimalis. Tarif per malamnya sekitar Rp148 ribuan, dengan enam orang dalam satu kamar.

4. Wina, Republik Austria

Berada tepat di sebelah stasiun kereta besar, A&O Wien Hauptbahnhof Hostel baru beroperasi sekitar tiga tahun. Jadi ruangannya sangat baru dan bersih. Tak hanya ruang makan, terdapat juga bar. Tarif per malamnya sekitar Rp148 ribuan, dengan enam orang dalam satu kamar.

5. Athena, Yunani

Berada di pusat kota, Pagrati Youth Hostel terbilang tenang dan aman. Di sekitar hostel terdapat banyak bar dan tempat makan. Tarif per malamnya sekitar Rp141 ribuan, dengan enam orang dalam satu kamar, belum termasuk dengan fasilitas air panas. Hostel ini tidak memiliki papan nama gedung, sehingga wisatawan harus rajin bertanya jika baru pertama kali datang ke sini.

Suasana di ruang makan Hostel Fabryka. (Facebook/Hostel Fabryka)

6. Praha, Republik Ceko

Nyawan, bersih, tersedia jaringan internet serta gratis kopi dan teh merupakan layanan utama dari Boudnik Hostel. Berada di pusat kota, hostel ini bisa dicapai dengan 20 menit berjalan kaki. Tarif per malamnya sekitar Rp80 ribuan, dengan sembilan orang dalam satu kamar.

7. Budapest, Hongaria

Berada di pusat kota, CoolTour Hostel bertarif sekitar Rp78 ribuan per malamnya, dengan sembilan orang dalam satu kamar. Interiornya sederhana namun berwarna cerah. Terdapat bar dalam bangunannya.

8. Zagreb, Kroasia

Dari Ban Jelacic Square, Bureau Hostel dapat dicapai dengan berjalan kaki selama tiga menit. Bangunannya baru saja diperbaiki, sehingga sangat bersih. Terdapat kamar dengan fasilitas balkon dengan pemandangan kota yang indah. Tarif per malamnya sekitar Rp144 ribuan, dengan 12 orang orang dalam satu kamar.

9. Lisboa, Portugal

Selain kebersihan ruangan, pelayanan karyawan yang ramah juga menjadi salah satu pertimbangan wisatawan memilih hostel untuk menginap. Lisboa Central Hostel memiliki keduanya dan hanya berjarak sekitar dua kilometer dari pusat keramaian kota. Sarapan gratis tersedia sejak pukul 08.00 sampai 11.00. Diurus oleh keluarga, hostel ini telah mendapat TripAdvisor Certificate of Excellence. Tarif per malamnya sekitar Rp155 ribuan, dengan enam orang dalam satu kamar.

10. Skopje, Makedonia

Sepertinya hanya City Hostel yang memberikan harga kamar untuk dua orang dengan tarif yang sangat murah di Eropa, yaitu sekitar Rp98 ribuan per orang. Jika harga kamarnya dirasa masih terlalu mahal, hostel ini juga menawarkan kamar berbagi dengan beberapa orang. Walau tidak terlalu dekat dengan pusat kota, namun hostel ini berada di kawasan yang nyaman dan aman.

(ard/ard)


BACA JUGA