Tiga Santapan Pagi Khas Kolombia

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Rabu, 12/10/2016 06:00 WIB
Tiga Santapan Pagi Khas Kolombia Menu Arepas con chorizo. (William Neuheisel via Wikimedia Commons (CC-BY-2.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap negara pasti memiliki ragam kuliner yang khas. Bahkan, kuliner tak hanya datang dari satu ibu kota negara tersebut saja. Namun daerah-daerah kecil pun kerap memiliki sajian andalan.

Salah satu negara yang memiliki variasi kuliner adalah Kolombia. Terletak di barat laut Amerika Selatan, Kolombia menawarkan makanan, mulai dari sup daging panas hingga roti jagung isi keju.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi negara dengan ibu kota Bogota ini, agaknya Anda harus mengawali hari dengan makanan berbahan lokal.


Dilansir dari Lonely Planet, berikut ini tiga menu sarapan tradisional khas Kolombia:

1. Arepas: Makanan Kolombia yang bisa langsung dibawa

Arepas adalah makanan favorit seluruh warga Kolombia dan mungkin salah satu makanan Kolombia yang harus Anda cicipi. Jika diterjemahkan secara harfiah, Arepas berarti 'corn cakes' atau 'kue jagung.'

Sekilas makanan ini mirip seperti roti prata atau roti pita. Makanan ini dibuat dari jagung tanah kuning atau putih.

Setiap daerah di Kolombia memiliki cara menghidangkan Arepas yang berbeda-beda. Pada daerah yang kaya akan kopi, Arepas akan dihidangkan dengan bentuk yang tipis, datar, renyah, dan disajikan dengan siraman mentega dan keju.

Sedangkan di wilayah Andean, Arepas akan memiliki rasa manis dengan taburan keju, telur, ham atau kulit babi goreng, sapi dan ayam. Kemudian di sepanjang pantai Karibia, Arepas disajikan dengan banyak isi dan digoreng dengan minyak hingga menyerupai hamburger patty, dengan isi keju asin dan telur.

Namun, untuk merasakan rasa asli Arepas, Anda bisa mendapatkannya di restoran Narcobollo atau Gaira Cafe yang dimiliki oleh penyanyi terkenal setempat, Carlos Vives. Sedangkan untuk bisa merasakan Arepas dengan keju dan ham, Anda bisa mencobanya di Puerto Arepa de la Primera.

2. Changua: Sup susu penuh gizi

Changua adalah sup yang dibuat dengan susu, telur rebus, dan bawang hijau. Makanan ini sangat ringan untuk perut dan cocok untuk para vegetarian. Beberapa resep dihidangkan secara berbeda, hanya saja sebagian besar menyajikannya dengan taburan ketumbar dan potongan roti.

Makanan yang berasal dari Andes ini umumnya dinikmati dengan almojabana (roti yang dibuat dari tepung maizena, telur, dan keju cuajada) dan keju gulung yang langsung dihidangkan saat panas.

Anda bisa merasakan perpaduan Chagua dengan Almojabana pada La Puerta Falsa, kafe tertua di kota tersebut, atau di Pasteleria La Florida, toko roti di pusat kota yang telah berusia 80 tahun.
(Peter Angritt via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
3. Aguapanela dan Queso Fresco: Makanan klasik Kolombia

Sarapan klasik ini memadukan antara Aguapanela, minuman manis hangat dari tebu mentah, dengan Queso Fresco, keju putih segar nan lembut.

Aguapanela sendiri merupakan minuman yang dikenal oleh seluruh warga Kolombia. Namun tingkat kehangatan yang disajikan tergantung pada tinggi-rendahnya sebuah wilayah.

Cara meminumnya pun beragam. Di Bogota misalnya, keju Queso Fresco biasa dicelupkan ke dalam Aguapanela atau terkadang cokelat panas. Sehingga keju tersebut akan meleleh dan harus dimakan menggunakan sendok. Salah satu restoran yang menyediakan resep asli hidangan ini adalah Hibiscus Cafe.

Untuk sarapan yang lebih sehat, Anda juga bisa menggabungkan Aguapanela dengan Huevos Pericos (telur orak-arik dengan tomat dan bawang).

Di daerah lain, Aguapanela juga bisa disantap dengan Bollo atau juga dikenal dengan Envuelto de Maiz (jagung tanah bercampur keju yang dibungkus dengan daun dan direbus).


(meg)