Cita Rasa Unik Keju yang Terbuat dari Kentang

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 14/10/2016 08:10 WIB
Cita Rasa Unik Keju yang Terbuat dari Kentang Ilustrasi keju (Pixabay/kakuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Orang yang punya masalah intolerasi laktosa tak bisa menikmati gurihnya susu dan uniknya rasa keju. Tapi itu dulu. Kini mereka bisa mencicipi rasa keju.

Sebuah perusahaan Australia PotatoMagic berhasil mengembangkan temuan baru yaitu keju yang dibuat dari kentang. Kejunya pun bukan keju sembarangan tapi keju yang bisa meleleh.

Andrew Dyhin, seorang ahli kimia, chef di YouTube sekaligus pencinta kentang dari perusahan tersebut mengklaimsudah menciptakan keju yang bisa meleleh dari kentang yang sudah lama.


Perkawinan linguistik keju dan kentang ini disebut sebagai chato. Dyhin berharap kalau makanan ini bisa membantu meminimalisasi pemborosan makanan.

PotatoMagic menutup rapat proses pembuatan keju dari kentangnya. Tapi Dyhin mengatakan kalau dia bisa mengubah kentang menjadi produk susu lainnya seperti es krim dan mayones.  Dyhin mengatakan kalau dia butuh 12 tahun untuk menyempurnakan ilmu di balik pembuatannya.

Hambatan utama yang dirasakan Dyhin adalah keengganan orang untuk mencicipi produknya.

“Saya hanya bisa membuat orang percaya pada produknya ketika mereka benar-benar bisa merasakannya dan melihat itu,” kata Dyhin dikutip dari Mashable.

(chs/chs)