Burger Lezat Sehat untuk Para Vegetarian

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Jumat, 14/10/2016 18:27 WIB
Burger Lezat Sehat untuk Para Vegetarian Burgreens Express menghadirkan beragam hidangan burger, minuman dan makanan penutup, yang kaya sayur dan buah. Bahkan seluruh bahan-bahannya dijamin bebas pestisida dan bahan kimia lain. (CNN Indonesia/Munaya Nasiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa yang memenuhi benak Anda ketika mendengar kata burger? Beberapa dari Anda mungkin langsung terbayang kelezatannya. Namun sebagian lain justru terbayang jumlah kalorinya yang berlimpah.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Sebuah restoran di Jakarta Selatan kini menawarkan burger yang sehat, terutama bagi para vegetarian.

Burgreens Express menghadirkan beragam hidangan burger, minuman dan makanan penutup, yang kaya sayur dan buah. Bahkan seluruh bahan-bahannya dijamin bebas pestisida dan bahan kimia lain.


Terdapat benerapa jenis 'daging' burger yang ditawarkan di Burgreens Express, seperti kacang merah, kacang hijau, jamur, tahu dan bayam. (CNNIndonesia/Munaya Nasiri)Terdapat benerapa jenis 'daging' burger yang ditawarkan di Burgreens Express, seperti kacang merah, kacang hijau, jamur, tahu dan bayam. (CNNIndonesia/Munaya Nasiri)

Terdapat benerapa jenis 'daging' burger yang ditawarkan, seperti kacang merah, kacang hijau, jamur, tahu dan bayam.

Namun bagi Anda yang tak terlalu gemar mengonsumsi sayur tak perlu khawatir. Pasalnya, restoran ini menawarkan tiga level untuk dijajal: The Newbies untuk para pemula, Itsy Bitsy Between untuk orang yang mulai mengenal kudapan sehat, dan Advanced Green Foodies untuk para vegetarian tulen.

Jika Anda adalah vegetarian pemula, Anda bisa memesan salah satu hidangan bernama Beans N' Cheese.

'Daging' burger ini terbuat dari kacang merah yang telah dicampur dengan keju khusus dan disajikan dengan saus garlic, selada, potongan tomat, dan daun alfalfa.

Tak lupa, roti burger yang terbuat dari gandum, bisa dipilih sesuai selera: digoreng atau dipanggang.

Sebagai hidangan pendamping, terdapat keripik ubi ungu yang digoreng menggunakan minyak kelapa, dan ditaburi bumbu rempah di atasnya.

Tak ada rasa sayur sedikit pun di hidangan yang satu ini. Perpaduan kacang merah dan keju sangat lembut saat disantap. Terlebih lagi, ada saus bawang putih yang membuat burger ini memiliki sedikit sensasi pedas yang khas. Begitu pula dengan keripik ubi ungu yang renyah dan gurih.

Jika Anda tak gemar burger, terdapat hidangan lain semisal Burgreens Steak, yang terbuat dari jamur dengan saus lada hitam, atau menu lain macam Raw Mushroom Noodle. Anda dapat memilih tiga jenis mi: zucchini, wortel atau lobak.

Untuk minumannya, Anda bisa memilih yang terbuat dari sayuran, buah, atau campuran keduanya, seperti Green Punk. Minuman berwarna hijau ini merupakan campuran dari buah nanas, pisang, lemon, kale, dan pakchoy.

Seperti halnya dengan Beans N' Cheese, minuman ini juga digadang-gadang cocok untuk pemula. Meski berwarna hijau, rasa yang dihasilkan justru lebih menyerupai pisang.

Selain itu, tak ada tambahan gula pada setiap minuman, sehingga rasa manis yang dikeluarkan pun alami dari sayur dan buah.

Begitu pula dengan hidangan penutup. Semua disajikan tanpa gula dan tepung. "Ini seperti frozen cake," kata Iqbal, selaku Kepala HRD Burgreens Express.

Salah satu menu yang bisa Anda coba adalah Raw Matcha Choco Cupcakes, yang terdiri dari cokelat, matcha, kurma dan kelapa. Tak lupa pula taburan kacang almond di atasnya.

Bentuknya yang kecil membuat hidangan ini tak terlalu mengenyangkan di perut. Rasanya pun tidak terlalu manis. Sumber rasa manisnya berasal dari kurma.

Selain menjual makanan, Burgreens Express juga menawarkan program makanan sehat bertajuk Personal Organic Healthy Catering. Program tersebut terbagi ke empat bagian, yang masing-masing memiliki manfaat.

Salah satunya adalah Weight Loss and Healing yang berguna untuk menurunkan berat badan dengan makanan sehat dan gizi seimbang. Anda pun bisa memilih untuk mengambil paket katering saja atau ditambah dengan clean eating class.


(vga/vga)