Taste Buddy, Sendok yang Bisa Ubah Rasa Sayur Jadi 'Cokelat'

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 19/10/2016 14:47 WIB
Peneliti menemukan alat makan yang bisa membantu anak-anak jadi lebih suka makan sayur. Taste Buddy akan membuat sayur terasa manis seperti cokelat. Ilustrasi (tatyana_tomsickova/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian anak-anak dan dewasa, sepiring makanan manis tentu lebih menggoda dibanding semangkuk sayur. Ini lah yang menyebabkan adanya pemilih makanan.

Namun kini Anda boleh merasa tenang dan senang, pasalnya para peneliti di Inggris sudah punya solusi untuk para pemilih makanan. Mereka menciptakan alat yang disebut Taste Buddy.

Taste Buddy adalah peralatan makan digital yang bisa membuat makanan yang punya kandungan gula rendah akan terasa lebih manis. Makanan akan terasa lebih manis karena adanya stimulasi elektronik ke reseptor lidah.


Alat makan ini dikembangkan oleh para peneliti dari University of London. Produk inovatif ini diluncurkan di Big Bang UK Young Scientist & Engineers Fair.

Saat ini, mereka masih mengerjakan prototipe sendoknya. Namun teknologinya nanti akan disempurnakan agar bisa dibuat menjadi sepasang pisau dan garpu.

"Taste Buddy ini bisa digunakan untuk menyelamatkan nyawa, dengan cara mengizinkan orang untuk menyantap makanan yang lebih sehat," kata Dr. Adrian Cheok, salah satu peneliti kepada The Telegraph.

"Banyak anak yang benci rasa sayuran. Jadi saya tahu ketika saya menjadi seorang insinyur, saya ingin membuat alat yang bisa membuat anak-anak makan sayur tapi terasa seperti cokelat."

Mengutip The Daily Meal, alat makan elektronik ini menggunakan frekuensi yang bisa 'menipu' lidah (juga otak). Gelombang frekuensi ini akan memengaruhi temperatur lidah secara konstan dari 77 derajat Fahrenheit (25 derajat Celcius) ke 104 derajat Fahrenheit (40 derajat Celsius) sehingga apa yang dimakan jadi terasa lebih manis.

(chs/vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK