Geser Skotlandia, Amerika Punya Whiskey Terbaik di Dunia

Megiza, CNN Indonesia | Jumat, 21/10/2016 14:12 WIB
Geser Skotlandia, Amerika Punya Whiskey Terbaik di Dunia Ratusan minuman alkohol jenis spirits di dunia tersingkirkan dengan wiski ini. Kadar alkohol dan harganya tentu cukup tinggi. (Beamsuntory.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan penyulingan wiski dari Skotlandia atau Irlandia agaknya harus menepi sejenak dalam persaingan minuman terbaik di dunia. Apalagi Taiwan, yang disebut sebagai pemilik wiski terbaik pada tahun lalu.

Sebuah wiski asal Amerika baru saja menyingkirkan ratusan minuman beralkohol jenis spirits lainnya. Dalam kitab wiski edisi 2017, spirits bernama Booker's Rye itu menempati peringkat atas Whiskey Bible Jim Murray yang dikeluarkan baru-baru ini.

Booker's Rye, yang dijual US$300 atau sekitar Rp3,8 juta itu berasal dari Kentucky dan sudah berusia 13 tahun. Menurut Murray, wiski ini merupakan "contoh mengejutkan dari sebuah kemegahan dan kejeniusan dalam hal arti wiski yang sebenarnya."
Wiski asal Amerika sudah tak lagi berada di posisi teratas sejak 2013, tepatnya ketika wiski Thomas H Handy Sazerac Rye membawa pulang piala itu. Meski Booker's dibuat di Amerika, sebenarnya wiski ini dimiliki oleh perusahaan alkohol asal Jepang, Beam Suntory.


Nama Beam Suntory pun sudah dikenal sebagai produsen wiski andalan. Dia bahkan telah diganjar dua penghargaan selama tiga tahun belakangan. Seperti pada tahun lalu, saat Yamazaki Single Malt Sherry Cask 2013 disebut sebagai wiski terbaik.
Booker's mengemasi wiski terbaiknya ini dengan alkohol yang cukup tinggi dibandingkan dengan spirits lainnya, yakni 68.1 persen ABV (Alcohol by Volume). Padahal, kebanyakan wiski menggunakan takaran di angka 40 persen.

Dalam kitab wiski, dideskripsikan bahwa rasa wiski ini sangat seimbang antara kayu dan ek yang dicampur dalam proses yang cukup lama. "Wiski ini terasa sangat berempah dan memiliki aroma yang kuat, namun tak berlebihan," katanya, seperti dilansir FoxNews.

Wiski masuk dalam kategori spirits, berkelompok dengan gin, vodka, rum, tequila dan brandy. 
Wiski merupakan minuman yang berasal dari sulingan biji-bijian, kentang, dan lain-lain. Minuman ini terutama berasal dari Skotlandia, Irlandia dan AS. Di AS, wiski umumnya disuling dari jagung, gandum, atau gandum, tapi di Skotlandia dan Irlandia itu sering dibuat dari barley mat atau kecambah biji-bijian serealia yang telah dikeringkan.


(meg)