Mana yang Benar: Whisky atau Whiskey?

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 22/10/2016 08:20 WIB
Wiski sering ditulis sebagai whisky, juga whiskey. Mana di antara keduanya yang benar? Ilustrasi (Thinkstock/Kondor83)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wiski biasanya dikemas dalam botol yang menarik. Tapi jangan hanya memperhatikan penampilan luar atau rasanya saja. Ada baiknya Anda juga menilik nama minuman yang tertera di labelnya.

Jika teliti, Anda akan menemukan dua versi penulisan nama minuman berbahan dasar barley ini. Dalam nama aslinya, wiski sering ditulis sebagai whisky, juga whiskey. Mana di antara keduanya yang benar?

"Keduanya sama-sama benar. Keduanya juga sama-sama minuman alkohol yang sama, bedanya hanya dalam penulisannya satu menggunakan 'e' dan satunya tidak," kata Randall Tan, brand advocate Edrington The Macallan saat acara Toast The Macallan di Westin Hotel, baru-baru ini.


Jika sama-sama benar, lantas apa yang membedakan keduanya?

Menurut Randall, perbedaan penyebutan antara whisky dan whiskey ini terjadi karena merunut negara asalnya yang berbeda.

Whisky digunakan untuk menyebut wiski yang diproduksi Skotlandia, Kanada, Australia, Jepang dan Eropa. Sedangkan whiskey adalah wiski yang diproduksi di Irlandia dan Amerika.

"Kalau ada 'e' dalam namanya, maka 'e' itu harus dibaca."

Perbedaan ejaan ini terjadi akibat terjemahan dari kata di bahasa Skotlandia dan bahasa Gaelic asli Irlandia. Wiski dengan tambahan 'e' digunakan untuk menunjukkan wiski yang dibuat di Amerika.

Mengutip Whiskyforeveryone.com, penambahan huruf 'e' dalam whiskey ini dibawa ke Amerika oleh imigran Irlandia. Kata ini digunakan sejak 1700-an, hingga saat ini. (chs/vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK