Tiga Dampak Positif Jika Tak Mandi Satu Bulan

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Senin, 24/10/2016 14:54 WIB
Tiga Dampak Positif Jika Tak Mandi Satu Bulan Ilustrasi. (PublicDomainPictures/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rasa malas untuk mandi seringkali menyerang saat akhir pekan atau libur panjang. Beberapa orang beranggapan mandi hanya penting dilakukan jika bakal keluar rumah. Tak sedikit juga yang memilih tidak mandi meski akan bepergian.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh jika Anda tidak mandi selama satu bulan penuh? James Hamblin, penulis dari The Atlantic, mempunyai jawabannya.

Dilansir dari laman Huffington Post, Hamblin melakukan eksperimen untuk tidak mandi selama satu bulan untuk melihat apakah mikroba alami yang ada pada tubuhnya bisa membuatnya tetap bersih dan segar atau tidak.


Eksperimen ini terinspirasi dari seorang jurnalis Julia Scott, yang sebelumnya juga telah melakukan hal serupa. Saat itu, Scott menyemprot tubuhnya setiap hari dengan nitrosamonas eutropha, yang bisa mengganti setiap produk kecantikan untuk membuat Anda tetap bersih dan beraroma segar.

Selama 30 hari tersebut, rupanya sejumlah bakteri alami memang ada di dalam tubuh. Bahkan, tubuh pun sama sekali tidak beraroma aneh, justru Scott dan Hamblin menemukan hasil positif dari percobaan ini.

Mereka mencatat ada tiga efek yang mereka dapati dari eksperimen ini.

1. Tidak bau badan

"Pada awalnya saya memang memiliki bau tak sedap, apalagi jika saya tidak menggunakan deodoran," kata Hamblin. Tapi, katanya, "setelah beberapa hari ekosistem dalam tubuh akan stabil dan Anda tidak lagi bau badan."

Menurutnya, meski aroma tubuhnya tak seperti aroma bunga atau lainnya, tapi setidaknya ia memiliki aroma layaknya orang kebanyakan.

2. Kulit menjadi lembut

Scott mengungkapkan bahwa ia merasa kulitnya semakin lembut. Bahkan, jerawat yang ada di muka maupun tubuhnya juga menghilang.

3. Menghemat banyak waktu

Hamblin menyebut, tidak mandi selama satu bulan ternyata sama dengan menghemat dua tahun dalam hidup Anda. Hamblin sengaja melakukan perhitungan. Jika selama 100 tahun Anda menghabiskan 20 menit untuk tiap kali mandi, termasuk perawatan kulit dan rambut, maka Anda sudah menghabiskan 12.167 jam, atau sekitar 1,3 tahun lamanya.


(meg)