Rosemary, Daun Rempah 'Bumbu' Panjang Umur

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 28/10/2016 07:12 WIB
Siapa sangka kalau 'tiket' umur panjang mungkin saja ada di dapur Anda? Penduduk Italia membuktikan bahwa rosemary adalah tiket mereka hidup lama dan sehat rosemary (Thinkstock/Muenz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebanyakan orang pasti menginginkan usia panjang. Jarang ada yang ingin punya umur pendek. Tak heran kalau banyak orang yang berlomba-lomba untuk menemukan rahasia umur panjang.

Namun, siapa sangka kalau 'tiket' umur panjang mungkin saja ada di dapur Anda.

Di Acciarolli, hamlet di Italia Selatan, tempat di mana daun rempah rosemary digunakan di hampir semua kreasi makanan,  penduduknya hidup panjang. Penduduk asli di kota tersebut rata-rata berusia sampai 100 tahun. Bukan cuma usia panjang, mereka juga sehat, dan tak mengalami sakit jantung, masalah otak, atau masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia.


Mengutip Fox News, peneliti dari University of California di San Diego dan Rome Sapienza University berpendapat bahwa rosemary adalah salah satu alasannya. The Post pertama kali melaporkan temuan tersebut pada April saat penelitiannya masih berjalan. Kemudian September, hasil temuan penelitian tersebut diungkapkan dalam konferensi di Italia.

"Penduduk Acciaroli menyantap rosemary hampir setiap hari, dan mereka menanamnya sendirim" kata peneliti UCSD Alan Maisel kepada AFP.

"Seperti diketahui, rosemary meningkatkan fungsi otak."

Dietetitian dari Cleveland Clinic Kristin Kirkpatrick mengungkapkan bahwa rosemary segar akan menambahkan jumlah minyak atsiri penting yang terkandung di dalamnya. Untuk mendapat manfaat penting dari rempah, dia menyarankan untuk mengonsumsi dua sendok makan dari berbagai rempah beberapa kali seminggu.

Jika tidak ingin 'menelan' langsung minyak rempah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai bumbu masakan atau bumbu marinasi daging. Rosemary biasanya dimanfaatkan untuk bumbu rempah marinasi ayam dan daging sapi.

(chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK