Pilihan Makanan yang Tepat Saat Lembur

Vega Probo, CNN Indonesia | Sabtu, 29/10/2016 01:16 WIB
Saat lembur dan pekerjaan menumpuk, kadang terlambat makan tidak bisa dihindari. Namun bukan lantas Anda mengabaikan kesehatan. Ilustrasi (falovelykids/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat lembur dan pekerjaan menumpuk, kadang terlambat makan tidak bisa dihindari. Namun bukan lantas Anda mengabaikan kesehatan. Laman Body and Soul memberikan panduan lembur tanpa kelaparan.

Stok Makanan

Jangan biarkan pantry dan kulkas kosong melompong tanpa stok makanan. Pastikan Anda menyimpannya, sehingga dapat mengolahnya dengan mudah dalam tempo singkat, sekitar 15 menit.


Makanan sehat yang bisa disimpan di pantry untuk segera diolah atau dimakan, antara lain tuna atau salmon kalengan, juga sayur-sayuran, kacang-kacangan legume-macam chickpea, dan telur.

Bisa juga menyimpan sup atau atau casserole beku di freezer sekadar berjaga-jaga bila Anda tidak bisa memanfaatkan layanan pesan antar makanan cepat saji via website atau aplikasinya.

Tak kalah penting, menyimpan stok pisang. Anda bisa membuat smoothie yang selain rasanya enak, juga menambah energi. Pisang memang bisa diandalkan untuk mengenyangkan perut.

Rencana Awal

Bila sejak awal Anda sudah tahu bakal lembur, maka buat lah rencana sehari sebelumnya. Pastikan Anda memiliki persediaan untuk makan siang, camilan sore, juga makan malam ringan.

Yang penting, Anda tidak kelaparan selama lembur. Anda bisa menyimpan stok di pantri (dapur) atau memesan makanan via layanan pesan antar.

Slow Cooker

Saat lembur, menyantap sayuran memang opsi yang lebih baik. Sebab jika hanya daging saja, pencernaan akan bekerja kelewat keras. Anda bisa pilih olahan daging slow cooked dipadu salad.

Mudah Dicerna

Jika sampai pukul sembilan malam Anda belum juga makan, ada baiknya memilih makanan yang mudah dicerna, macam masakan sayuran atau mengonsumsi protein dari masakan telur atau ikan.

Sebab bila Anda mengonsumsi makanan yang sulit dicerna atau bahkan kekenyangan, maka Anda akan kesulitan memejamkan mata. Untuk itu, pilih lah makanan yang simpel dan mudah dicerna.

Banyak Minum

Bila Anda kurang minum selama seharian, maka Anda cenderung lebih rakus dan makan banyak, pada malam hari saat lembur. Jadi pastikan konsumsi air Anda cukup sejak pagi hingga sore hari.

Setelah lembur dan makan, ada baiknya Anda tidak langsung tidur. Bersantai lah terlebih dulu sambil menonton film atau membaca buku sekitar sepuluh menit untuk menenangkan pikiran.

(vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK