News Update

Demo 4 November, Mal Sekitar Bundaran HI Tetap Buka

Christina Andhika Setyanti & Vega Probo, CNN Indonesia | Jumat, 04/11/2016 06:12 WIB
Demo 4 November, Mal Sekitar Bundaran HI Tetap Buka Grand Indonesia yang berada dekat Bundaran HI, lokasi demo 4 November, tetap beroperasi normal. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demonstrasi 4 November di kawasan pusat kota, tak ayal membuat banyak orang lebih waspada. Kewaspadaan di daerah ibukota pun lebih ditingkatkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Grand Indonesia adalah salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi di kawasan Thamrin, Jakarta, termasuk zona merah kawasan waspada demo. Untuk menghadapi ajang penyaluran aspirasi warga, mal yang bersebelahan dengan Plaza Indonesia ini pun bersiaga.

"Mal sendiri tetap buka dan beroperasi seperti biasa," kata Fitria Putri, Public Relation Grand Indonesia Shopping Center kepada CNNIndonesia.com.


"Kami sendiri sebenarnya tidak punya persiapan khusus terkait demo."

Meski mengaku tak punya persiapan khusus, Fitria mengatakan bahwa pihak mal sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan gedung mal sendiri.

"Biasanya pihak kepolisian akan menambah personel untuk menjaga keamanan karena area kami termasuk ring 1."

Untuk jumlah personel sendiri, Fitria mengaku tak tahu jumlah pastinya. Dia mengungkapkan bahwa jumlah personel keamanan yang ditambahkan di mal hanya mengikuti instruksi dari pihak kepolisian terkait. Jumlah personel kepolisian tersebut akan menambah jumlah personel keamanan dari pihak mal Grand Indonesia.

Selain adanya penambahan jumlah personel kepolisian, pihak mal sendiri juga masih akan melakukan prosedur pemeriksaan pada setiap pengunjung yang datang ke mal. Hanya saja Fitria mengatakan bahwa prosedur yang dilakukan adalah prosedur standar keamanan.

"Untuk pemeriksaan akan kami jalankan sesuai dengan prosedur standar kami bahwa setiap tamu yg masuk akan diperiksa terlebih dahulu," ujarnya.

Mal 'Tetangga' Thamrin pun Aman Terkendali

Kondisi yang sama juga disampaikan oleh Farit Surya, Marketing Communication Mal Taman Anggrek (MTA). Mal yang berlokasi di Jalan Letjen. S. Parman, Slipi, ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari kawasan Thamrin.

"Kami, pihak mal, sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pengamanan gedung mal," kata Farit kepada CNNIndonesia.com, pada Jumat (4/11).

"Jam operasional mal tetap berjalan seperti biasa. Antisipasi sudah kami siapkan, karena kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung," kata Farit seraya memastikan keadaan mal dan sekitarnya "aman terkendali."

Hal senada pun disampaikan Christie Lie, Public Relation Executive MTA, "Pengunjung [MTA] aman. So far daerah sini masih belum terlalu heboh." Ia yakin, "Pasti semua akan berjalan dengan baik dan aman."

Sementara itu, nun jauh di Jakarta Utara, pihak Summarecon Mal Kelapa Gading (MKG) menyatakan, "situasi dan kondisi berjalan  layaknya hari-hari biasa."

"Semua tenant MKG beroperasi seperti biasa dan terpantau tidak ada penurunan jumlah pengunjung," kata Cut Meutia, General Manager Corporate Communications Summarecon, kepada CNNIndonesia.com, pada Jumat (4/11).

Ia menambahkan, "Sistem keamanan pun dijalankan berdasarkan prosedur operasional reguler, karena pihak kepolisian telah mengetatkan keamanan di kawasan Kelapa Gading."



(vga)