Kenang Sang Kreator, Fans Santap Big Mac ke-28.984

Vega Probo, CNN Indonesia | Jumat, 02/12/2016 07:12 WIB
Kenang Sang Kreator, Fans Santap Big Mac ke-28.984 Demi mengenang Michael ‘Jim’ Delligatti, sang kreator burger berlapis andalan McDonald’s, Don Gorske menyantap Big Mac ke-28.984. (Dok. FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agaknya tak ada fans Big Mac yang sefanatik Don Gorske. Demi mengenang Michael ‘Jim’ Delligatti, sang kreator burger berlapis andalan restoran cepat saji McDonald’s, ia menyantap Big Mac ke-28.984, pada Rabu (30/11).

Jim meninggal pada Senin (28/11) lalu di rumahnya di pinggiran kota Pitsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, di usia 98 tahun. Selain Big Mac yang kemudian menjadi ikon budaya, Jim juga menciptakan era menu baru seperti Egg McMuffin dan Filet-O-Fish.

Don tentu saja merasa kehilangan. Selama empat dekade, ia menjadi pelanggan McD dan Big Mac. Biasanya, saban Rabu, pria 63 tahun ini mengambil Big Mac di kulkas, lalu menghangatkannya di microwave. Don boleh dikatakan pemakan Big Mac terbanyak.
Don mengakrabi Big Mac sejak 1972. Selama 44 tahun, hanya 44 hari Don ‘berpuasa’ Big Mac. Total 90 persen makanan yang masuk perutnya ya si burger raksasa. Ia nyaris menggeser jawara pemakan Big Mac terbanyak versi Guinness World Record, sejak 2001.


“Ini makanan terbaik yang pernah saya makan seumur hidup,” kata Don, dikutip Patch.

Ironisnya, Jim mangkat tepat di hari Don mendapat pemberitahuan dari Guinness World Records bahwa pencapaian rekornya belum final. Pada hari yang sama, Don juga berulang tahun ke-63. Tapi Don mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan soal rekornya.
“Walau ada orang lain yang berusaha makan Big Mac sebanyak-banyakknya mulai sekarang, saya bakal mati sebelum mereka mampu menandinginya,” kata Don. “Mereka bakal mengalami obsessive compulsive jika tidak memakan yang lain selama 44 tahun.’

Don tidak menyarankan orang lain mengikuti pola makannya. “Saya tidak ingin seseorang terkena serangan jantung,” katanya.

Don sendiri terhindar dari serangan jantung—walaupun sering memakan burger berkalori tinggi tersebut—lantaran sering berolahraga. “Saya orang yang sangat aktif,” kata pria jangkung 1,87 meter ini seraya mengaku, “Boleh dikatakan hiperaktif.”
Don mengaku, kadar kolesterolnya pernah mencapai 160. Ia rutin mengecek kondisi kesehatannya setiap tahun, dan menjaga posturnya tetap langsing. “Saya membakar banyak energi setiap hari, jadi tidak peduli berapa pun kalori yang saya konsumsi.”

Don mengaku lebih mencintai Big Mac ketimbang istrinya sendiri, Mary—yang sama sekali tidak suka roti lapis. Penulis buku 22.477 Big Macs (2008) ini pernah tampil di film dokumenter Super Size Me (2004) dan Don Gorske: Mac Daddy (2005).

Don belum pernah bertemu Jim, tapi pernah berbincang via sambungan telepon saat diwawancarai sebuah radio di Chicago pada 2007. “Saya berbicara sebentar dengannya. Ia tertarik dan agaknya ia pria yang menyenangkan,” Don mengenang sang idola.


(vga/vga)