Saatnya Membuat 'Pokemon Go' Sendiri di Rumah

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Sabtu, 03/12/2016 19:00 WIB
Saatnya Membuat 'Pokemon Go' Sendiri di Rumah ilustrasi: Setelh 'bosan' berburu pokemon, kini saatnya membuat pokemon sendiri di rumah. (REUTERS/Jose Cabezas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski permainan Pokemon Go sudah tak lagi sepopuler dulu, namun nyatanya karakter-karakter pokemon masih jadi idola. Karakter hewannya yang menggemaskan pun jadi inspirasi untuk membuat kreasi makanan.

Melansir Nerdist, seorang pecinta kuliner Maki Kudo menciptakan serangkaian resep bertema pokemon dan kemudian dirilis dalam bentuk buku berjudul Pokemon Cookbook.

Beberapa resep diciptakan Kudo, dari pokeball sushi, pikachu ramen, hingga meowth mashed potatoes.


Dalam buku resep pokemon, Kudo membawa berbagai karakter pokemon dalam teknik memasak sederhana sehingga memungkinkan orang awam dapat membuat makanan berbentuk pokemon dengan cara yang menyenangkan.

Untuk menghadirkan bentuk karakter pokemon yang mirip aslinya, Kudo menghadirkan komposisi asli warna pokemon. Warna-warna sesuai karakter ini dihadirkan dari bahan baku makanan yang dipakai.

Salah satu resep yang ditampilkan Kudo adalah piplup milk gelatin. Seperti namanya, makanan ini merupakan sajian gelatin (mirip agar-agar) yang dicampur dengan susu dan dibentuk menyerupai wajah piplup si penguin.

Gelatin susu ini dicetak di dalam mangkok dan dibiarkan sampai agak mengeras. Untuk melukis wajahnya, Kudo menggunakan selai blueberry dan potongan pudding peach untuk membentuk mulut. Piplup yang menggemaskan pun segera tersaji di atas piring dan siap disantap.

Menu lainnya adalah pikachu happy face cake. Kue ini terbuat dari lemon cake (castella), whipped cream, dan jus lemon.

Kudo juga memberikan resep sushi berbentuk pokemon ball. Sushi ini menggunakan salmon dan nasi yang kemudian dibentuk persis seperti pokeball.

Rangkaian koleksi resep ala pokemon dari Kudo ini rencananya dijual mulai 6 Desember nanti.

Pokemon bukan kali ini saja menjadi inspirasi dalam dunia kuliner. Pada 2015 lalu, sebuah kafe bertema pikachu dibuka di Tokyo.

Dalam cafe itu, beragam makanan dibentuk dan dihias semirip mungkin dengan pikachu. Mulai dari hamburger, kari daging, sampai puding mangga semuanya berbentuk pikachu. (chs)