Delapan Tips Hindari Sakit Saat Berwisata

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Rabu, 07/12/2016 09:32 WIB
Delapan Tips Hindari Sakit Saat Berwisata Ilustrasi. (Thinkstock/luiscar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berwisata memang hal yang menyenangkan, tapi yang lebih menyenangkan lagi ialah berwisata tanpa harus masuk rumah sakit. Berikut ini ialah beberapa tips agar tetap sehat selama melakukannya, seperti yang dikutip dari 1000TravelTips pada Minggu (4/12):

1. Suntik vaksin

Sebelum pergi berwisata, pastikan untuk mengetahui kondisi kesehatan di tempat yang dituju. Dikutip dari Travelvax, wisatawan perlu suntik vaksin sebelum datang ke beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, India, Vietnam, Kamboja, China dan Fiji. Konsultasikan ke dokter jenis vaksin yang memang dibutuhkan.


2. Hindari gigitan serangga

Satu gigitan nyamuk tak hanya menyebabkan gatal atau bentol, bisa juga berbagai penyakit, seperti malaria, demam berdarah atau bahkan zika. Selain tabir surya, selalu oles cairan anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.

3. Rajin cuci tangan

Tisu basah atau cairan pembersih tangan memang praktis, tapi akan lebih baik jika mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Selalu ingat untuk tidak menyentuhkan tangan yang kotor ke bagian tubuh, terutama muka, mulut, hidung, leher atau alat kelamin, karena akan mempercepat perpindahan kuman.

4. Berlindung dari matahari

Sengatan sinar matahari yang berlebih bisa membuat tubuh lemas karena dehidrasi dan kulit terbakar. Untuk menghindarinya, bisa mengenakan topi atau cairan tabir surya. Tapi, jangan sampai takut dengan matahari, karena pada pagi hari teriknya justru memberikan vitamin yang berguna bagi tubuh.

5. Jangan sampai dehidrasi

Sama seperti mencuci tangan, mengingatkan diri untuk minum air putih juga sering terlupakan saat berwisata. Selalu minum air putih dalam kemasan tersegel, jika berkunjung ke daerah yang kurang terjamin kesehatannya. Hindari minum air putih dingin terlalu banyak, agar terhindar dari sakit tenggorokan.

6. Takar kapasitas tubuh

Mencoba menu baru memang mengasyikkan, tapi takar kapasitas tubuh sebelum menyuapnya ke dalam mulut, agar terhindar dari sakit perut, alergi atau yang lebih parah, penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah. Tak hanya makanan, minuman pun perlu diantisipasi, karena banyak kejadian wisatawan yang jatuh sakit setelah minum minuman alkohol khas daerah yang kadarnya mungkin terlalu tinggi.

7. Tidur cukup

Wisatawan biasanya lupa daratan saat akhir pekan, terutama saat datang ke ke tempat hiburan malam. Bersenang-senang boleh saja, tapi ingat untuk cukup beristirahat, agar badan tidak pegal-pegal atau masuk angin keesokkan harinya.

8. Gunakan asuransi

Kalau semua tips sudah dilakukan, tak ada salahnya untuk melindungi diri dengan asuransi. Konsultasikan jenis asuransi sebelum pergi berwisata dengan agen yang terpercaya, agar tidak kerepotan jika sampai terkena masalah di tempat tujuan. Baca dengan seksama hal-hal yang diberikan agen asuransi, agar tak terkecoh dengan iming-iming layanannya.

(ard/ard)