'Sup Penyihir,' Ramuan Kehangatan Warga Jepang

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Jumat, 09 Des 2016 12:29 WIB
Di musim dingin ini, warga Jepang berkreasi dengan makanan penghangat tubuh. Kini mereka membuat sup penyihir yang berwarna ungu gelap. Sup penyihir berwarna ungu, makanan penghangat warga Jepang (Screenshoot via Twitter/@corocorokoi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim dingin sudah tiba di Jepang, saatnya mulai menyantap berbagai makanan yang hangat. Biasanya, semangkuk sup hangat atau ramen bisa jadi makanan yang menghangatkan tubuh.

Namun warga Jepang kini tak lagi gemar menyantap sup yang biasa-biasa saja. Di musim dingin kali ini, mereka lebih suka menyantap witch hot pot. Dalam bahasa Jepang, makanan ini disebut sebagai majo nabe.

Majo nabe ini merupakan semangkuk sup dengan kuah berwarna ungu. Karena kuah kaldu yang berwarna ungu, maka sup ini kerap dikenal sebagai sup penyihir dalam negeri dongeng.


Seiring dengan dimulainya musim dingin, sup penyihir ini mulai tren di dunia maya.

Tampilannya mungkin terlihat tak menggugah selera dan 'beracun,' namun jangan meremehkan khasiat dan manfaat dari sup penyihir.

Mengutip Mashable, tampilannya yang terlihat 'beracun' karena warna ungu ini berasal dari rebusan campuran sayuran-sayuran ungu di dalamnya. Beberapa campuran sayur ungu ini antara lain, kubis ungu, brokoli ungu, ubi ungu, dan lainnya.

Seperti saat Anda merebus bit, aneka sayuran ungu yang direbus lama ini akan luntur dan mewarnai air rebusan. Tak cuma mewarnai air rebusan, warna ungu ini juga akan terserap ke dalam berbagai bahan makanan tambahan di dalam sup tersebut, misalnya kentang atau daging.

Kandungan sayuran dan bahan alami di dalam sup tersebut tak cuma menghangatkan, tapi juga menyehatkan.

(chs/chs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER