Pesta Purnama Sepeninggal Sang Raja

AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha, CNN Indonesia | Jumat, 16/12/2016 15:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah masa berduka Thailand atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej, Pesta Bulan Purnama tetap digelar di Pulau Ko Phangan akhir pekan kemarin.

Di tengah masa berduka Thailand atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej pada Oktober kemarin, acara tahunan Pesta Bulan Purnama digelar di Pulau Ko Phangan pada akhir pekan kemarin. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Di Bangkok, wisatawan mancanegara harus berpakaian lebih sopan untuk menghormati masa berduka. Tapi di Ko Phangan, semuanya kembali berpakaian santai ala pantai. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Anak-anak muda tampak menari mengikuti iringan lagu yang dibawakan oleh DJ, sambil menenteng gelas berisi minuman alkohol. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Oktober disebut bulan tersibuk dalam industri pariwisata Negara Gajah Putih itu. Namun, kabar duka dari kerajaan mengubah kondisi tahun ini. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Penyelenggaraan Pesta Bulan Purnama di tengah masa berduka sebenarnya mengalami kecaman. Selain karena diadakan di tengah masa berduka, di pesta ini isu peredaran narkoba sangat santer terdengar. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Dari Bangkok, Pulau Ko Phangan dapat ditempuh dengan pesawat kecil kapal cepat. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Sejumlah kegiatan wisata alam, seperti mendaki bukit atau menyelam, bisa dilakukan di sini. Tapi, Pesta Bulan Purnama menjadi hal yang ditunggu setiap tahunnya.(AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Pesta Bulan Purnama diadakan sebulan sekali, tentu saja saat bulan purnama memuncak di atas langit. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Sebelum mendatangi pesta ini, jangan lupa untuk memesan tiket perjalanan dan penginapan dari jauh-jauh hari, karena banyak wisatawan yang juga mengincar untuk datang ke sini.(AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)
Terakhir, jangan lupa untuk terus mengenakan alas kaki saat menyusuri pantai di saat pesta, karena banyak sampah berbentuk pecahan botol minuman yang tersebar di pasirnya. (AFP PHOTO/Lilian Suwanrumpha)