Gairah Baru Kalijodo

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Minggu, 18/12/2016 15:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kalijodo lama didera drama kriminalitas dan penggusuran. Kini, kawasan itu kembali bergairah karena pembangunan taman barunya.

Setelah dibongkar pada 29 Februari 2016, wajah kawasan Kalijodo, Jakarta Barat, kini telah berubah total. Tempat yang dulunya menjadi lokasi transaksi bisnis hiburan malam telah disulap menjadi taman bagi warga jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sekaligus Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo memang masih terus dipoles. Pengerjaan dikebut agar memenuhi target untuk diresmikan pada akhir 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Direncanakan, RPTRA Kalijodo menjadi salah satu RPTRA terbesar yang ada di DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tiga bocah bermain bola di RPTRA Kalijodo. Meski masih ada pengerjaan, pengunjung tetap diperbolehkan menghabiskan waktu di area yang telah dibuka, seperti lapangan bola di bagian depan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Seorang mountain biker, Andre Palmer, mencoba trek sepeda di sini. Sejumlah infrastruktur di RPTRA Kalijodo, mulai dari lampu taman, toilet umum, jogging track sampai skate park, telah memasuki tahap penyelesaian pembangunan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Seorang skater, Didi Arifin, juga menjajal skate park di sini. Didi yang juga merancang desain skate park menilai bahwa skate park Kalijodo merupakan yang terbaik di Indonesia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Skate park di sini menempati area seluas 2.000 meter persegi. Sudah pasti sebentar lagi kawasan ini akan diramaikan oleh banyak kegiatan khas anak muda. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tak hanya skate park, terdapat juga area BMX yang saling berdekatan. Pembangunan kedua area itu memperjelas niat pemerintah kota yang ingin agar anak muda Jakarta selalu berkegiatan positif. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pembangunan fasilitas kongko anak muda ini juga memberi semangat baru untuk Kalijodo, yang lama didera drama kriminalitas dan penggusuran. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Diapit Kali Kerendang, area ini memberi keriaan di tengah hiruk pikuk Jakarta, terutama untuk warga yang berada di sekitar kawasannya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Area sepeda BMX yang menyatu dengan skate park akan menjadi lokasi baru bagi para skater dan pesepeda BMX untuk berlatih maupun berkompetisi. CNN Indonesia/Safir Makki