365 Hari Memori Miss World 2015 Mireia Lalaguna

Vega Probo, CNN Indonesia | Minggu, 18/12/2016 16:30 WIB
365 Hari Memori Miss World 2015 Mireia Lalaguna Miss World 2015 Mireia Lalaguna menuturkan pengalaman seru selama setahun menyandang predikat bergengsi. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Miss World 2015 Mireia Lalaguna siap mengestafet tiaranya kepada pemenang tahun ini di acara final yang berlangsung di MGM National Harbor, Oxon Hill, Maryland, Amerika Serikat, pada Minggu malam (18/12) waktu setempat.

Dalam tanya jawab yang ditayangkan di website resmi Miss World, wanita keturunan Spanyol ini menuturkan pengalaman seru selama setahun menyandang predikat bergengsi Miss World. Ia pun tak menutupi rasa ‘iri’ terhadap para kontestan tahun ini.

“[Pengalaman menjadi Miss World] ini lebih dari yang saya bayangkan,” kata Mireia. “Hidup saya berubah total dan kini saya menjadi orang yang benar-benar berbeda. … Menolong orang lain dan melancong adalah cara terbaik memahami diri sendiri.”


Bahkan saat bertemu para kontestan tahun ini pun Mireia mengaku mendapat pengalaman berharga sekaligus kenangan luar biasa. “Bukannya saya iri,” katanya, “tapi saya memang ingin kembali ke ajang pertukaran budaya ini, … dan berkompetisi.”

Kepada penerima estafet tiaranya, Mireia memberikan tiga tips. “Pertama, belajar dari kesalahan dan alihkan menjadi kesuksesan. Ke-dua, ambil pengalaman berharga di tiap kunjungan di tiap negara, dari budaya, makanan, sampai orang-orangnya.”

“Ke-tiga,” ia menambahkan, “Sebisa mungkin berikan pengaruh baik kepada banyak orang, gunakan predikat [Miss World]-mu untuk membuat perubahan.” Mireia juga meminta para kontestan menikmati setiap kegiatan, karena hanya berlangsung setahun saja.

Selama setahun menjadi Miss World 2015, Mireia telah melanglang ke 20 negara. Sekalipun tak berterus terang soal mana negara paling favoriit, ia mengaku paling terkesan saat berada di Kenya, Afrika, mengunjungi rumah sakit dan anak-anak.

“Mereka tidak memiliki apa-apa tapi masih menunjukkan ekspresi suka cita di wajah mereka,” kata sarjana farmasi lulusan sebuah kampus di Denmark. “Saya takjub, terlepas kondisi mereka [yang memilukan], mereka masih memiliki banyak kebahagiaan.”

Mireia juga tidak melupakan pengalaman lain kala tampil di acara televisi Poker Stars bersama pesepak bola Cristiano Ronaldo. Ia memenangkan lomba berhadiah US$20 ribu di acara itu dan mendonasikannya ke Beauty with a Purpose Project.

Tak kalah berkesan, pengalaman dianugerahi Celebrity Luxury Award oleh Putri Beatrice d'Orléans atas kiprahnya di kegiatan sosial selama setahun penuh. Namun dari semua pengalaman itu tentu saja yang paling berkesan: membawa nama Spanyol.

Diakui Mireia, keberhasilannya menjadi orang Spanyol pertama yang memenangkan Miss World membukakan mata publik di negaranya tentang seluk-beluk ajang putri-putrian yang satu ini. Tak terkecuali proyek sosialnya, Beauty with a Purpose.

Kini, Mireia siap melepas tiara dan menjalani profesi sebagai ahli farmasi. “Setelah setahun menjadi Miss World, saya menyadari farmasi lebih dari sekadar sains simpel. Saya bisa menggunakan pengalaman saya untuk ikhlas menolong orang-orang.”



(vga/vga)