Mengenal Stephanie Del Valle, Sang Miss World 2016

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 19/12/2016 07:33 WIB
Mengenal Stephanie Del Valle, Sang Miss World 2016 Stephanie Del Valle, Miss World 2016 menggantikan Mireia Lalaguna. (REUTERS/Joshua Roberts)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Stephanie Del Valle Diaz langsung mencuat saat namanya diumumkan sebagai peraih mahkota Miss World 2016. Stephanie Del Valle adalah wakil dari Puerto Rico yang sebelumnya menang di ajang Miss Mundo de Puerto Rico 2016.

Kemenangannya sebagai Miss World 2016 ini merupakan kemenangan kedua bagi Puerto Rico. Sebelumnya, Puerto Rico menyabet mahkota Miss World pada tahun 1975 oleh Wilnelia Merced Cruz.

Del Valle lahir di San Juan, Puerto Rico pada 30 Desember 1996. Saat ini perempuan dengan tinggi badan 1,78 meter ini masih berusia 19 tahun. Kemenangannya ini sekaligus akan menjadi kado terindah pada ulang tahunnya dalam beberapa hari mendatang.


Saat ini, Del Valle adalah seorang mahasiswa di Pace University di New York City. Dia mengambil dua jurusa sekaligus yaitu Hukum dan Komunikasi

Dalam kontes Miss World 2016, perempuan yang fasih tiga bahasa, Spanyol, Inggris, dan Prancis ini menunjukkan keterampilannya bernyanyi. Dalam kontes bakat ini, dia menyanyikan lagu dari panggung Funny Girl di Broadway, Don't Rain on My Parade. Sayangnya, bakatnya ini masih kalah memukau juri dibanding bakat dari Miss Mongolia.

Del Valle memang cinta menyanyi sejak kecil. Dia mengungkapkan, sejak kecil dirinya pun sudah sering tampil bernyanyi di berbagai acara.

"Momen paling membanggakan dalam hidup saya adalah saat saya pergi seorang diri ke Brasil di usia 8 tahun. Saat itu saya menjadi wakil dari negara saya dan bernyanyi bersama San Juan Children's Choir," ucapnya, dikutip dari lama resmi Miss World.

"Ajang ini sekaligus menjadi momen paling berkesan karena ini mengubah pengalaman hidup saya. Ketika itu saya pertama kali dihadapkan untuk melihat kemiskinan lewat mata seorang anak yang seumur dengan saya."

Pengalaman tersebut membuatnya ingin membantu masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Salah satu caranya adalah dengan menjadi Miss World.

Dalam video perkenalannya di Miss World, Del Valle menggambarkan keprihatinannya kepada kemiskinan. Dia juga sekaligus memberikan perhatiannya kepada anak-anak yang mengalami down syndrome.

Dalam 'pertarungannya' di Miss World, dia mengalahkan Miss Filipina, Miss Republik Dominika, dan Miss Indonesia untuk merebut mahkota Miss World 2016 dari tangan Mireia Lalaguna, Miss World 2015.

"If you believe it, you can achieve it," ujar anak ketiga ini.

"Adalah sebuah kebanggaan tersendiri saya bisa mewakili negara saya Puerto Rico di ajang ini."

Berbicara soal rencana dan ambisi ke depannya, Del Valle ternyata sudah menetapkan tujuannya.

"Saya suka memiliki pilihan hidup dan saya memiliki rencana karier yang solid. Saat ini saya sudah terdaftar untuk dua jurusan kuliah, sementara saua juga mengejar keinginan seumur hidup saya untuk memiliki karier di bidang entertaiment selama waktu luang," katanya.

"Saat ini saya melatih semua itu dan berharap bahwa upaya, semangat, dan dedikasi akan membawa saya ke arah yang lebih baik."




(chs)