Sajian Menggemaskan untuk Tamu Pesta Natal

Mundri Winanto & Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 23/12/2016 17:51 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Saatnya menyajikan kue kecil sampai makanan utama untuk keluarga dan para tamu.

Perayaan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Saatnya menyajikan kue kecil sampai makanan utama untuk keluarga dan para tamu. Andalkan resep klasik, lalu tambahkan hiasan atau elemen khas Natal yang lucu. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)
Kue jahe sudah dikenal di Eropa pada abad ke-18. Sejak itu, nyaris tak pernah absen sebagai sajian Natal dan Tahun Baru. Hiasannya pun makin semarak, dari lonceng, pohon cemara, sinterklas, sampai kaus kaki. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)
Kue jahe juga bisa dibentuk ala rumah gula dalam dongeng klasik dari Jerman, Hansel dan Gretel. Padankan sajian kue yang terbuat dari tepung, jahe parut, soda kue, telur ayam dan gula ini dengan minuman teh hangat. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)
Paduan bolu cokelat, stroberi dan marshmello tak pernah membosankan, terutama bagi anak-anak. Apalagi jika stroberi dan marshmello dibentuk ala sinterkelas atau kurcaci lucu. Tak hanya dihidangkan, juga menarik sebagai hantaran. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Selain bolu, suguhan bertekstur lembut macam mouse dan puding bisa menjadi alternatif untuk pesta Natal. Hiasi dengan cokelat leleh, yang menyerupai wajah karakter ala komik. Tambahkan topping cokelat dan buah. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Siapa tidak gemas bila disuguhi spageti berkarakter seperti ini. Gunakan garpu untuk ‘mengerol’ helai pasta menyerupai rambut dan janggut Sinterklas. Untuk topi dan matanya menggunakan saus tomat dan irisan buah zaitun. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Bila kue jahe terbilang 'rempah-rempah banget,' maka sebagai alternatifnya bisa disuguhkan kue kering rasa cokelat yang manis. Gunakan cokelat leleh untuk membuat hiasan butir salju, atau bentuk lain. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Selain diolesi cokelat leleh, kue bolu juga bisa dilapis krim keju dan dibentuk semi bulat menyerupai manusia salju. Tambahkan keping cokelat atau biskuit mini untuk mata, marzipan untuk hidung dan tangan, juga pita sebagai 'syal.' (CNN Indonesia/Safir Makki)