Lima Wanita yang Sukses Melahirkan di Usia Paruh Baya

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Rabu, 04/01/2017 21:22 WIB
Lima Wanita yang Sukses Melahirkan di Usia Paruh Baya Celine Dion, salah satu wanita yang hamil dan melahirkan di atas usia 40. REUTERS/Mario Anzuoni
Jakarta, CNN Indonesia -- Berusia tidak lagi muda, berisiko terkena berbagai komplikasi kesehatan, dan masih banyak alasan untuk tidak memiliki anak di usia paruh baya tidak menakuti para wanita di bawah ini.

Dengan berbagai cara, mulai dari periksa diri ke dokter hingga menjalani prosedur bayi tabung, dilakukan para ibu geriatrik atau wanita yang hamil dan melahirkan di luar usia produktif berikut.

1. Omkari Panwar


Pada 2008, seorang nenek di India bernama Omkari Panwar memilih untuk menjalani prosedur bayi tabung di usia 70.

Tindakan berisiko itu ia lakukan karena tuntutan sosial di India yang menempatkan laki-laki sebagai penerus keluarga, sedangkan Panwar saat itu sudah memiliki dua orang puteri dan cucu.

Demi mendapatkan 'penerus keluarga', ia dan suami menghabiskan seluruh tabungan dan berhutang untuk menjalani prosedur bayi tabung.

Beruntung, program bayi tabung tersebut sukses dan Panwar kemudian hamil serta melahirkan sepasang anak kembar laki-laki dan perempuan. Panwar pun tidak memiliki komplikasi serius.

2. Paramita Rusady

Artis Indonesia, Paramita Rusady berhasil melahirkan anak pertamanya di usia 41 tahun pada 2007 melalui proses caesar.

Hamil di usia yang tak lagi muda bukan berarti tanpa resiko. Saat melahirkan, Paramita sempat mengalami mati suri.

Ia mengaku tidak merasakan apa pun, bahkan sempat tidak sadarkan diri selama dua hari.

Celine Dion melahirkan anak kembar di usia 42 tahun. Bahkan dia berkeinginan untuk kembali hamil demi mendapatkan anak perempuan.Foto: REUTERS/Benoit Tessier
Celine Dion melahirkan anak kembar di usia 42 tahun. Bahkan dia berkeinginan untuk kembali hamil demi mendapatkan anak perempuan.

3. Celine Dion

Artis bersuara emas ini melahirkan putra kembarnya saat menginjak usia 42 pada 2010 lalu. Meski tidak lagi muda, dia mengaku bahagia dengan kelahirannya tersebut.

Untuk mendapatkan bayi kembar, Dion mengatakan telah beberapa kali ikut program bayi tabung sampai akhirnya berhasil melahirkan untuk kali kedua itu.

Bahkan istri dari mendiang Rene Angelil tersebut mengaku masih ingin hamil lagi dan memiliki seorang puteri.  

4. Hale Berry

Pemeran Cat Women, Hale Berry, kembali melahirkan saat dia berusia 47 tahun. Maceo, putra kedua Berry yang lahir pada 2013 silam tersebut merupakan hasil dari buah cinta dengan sang suami, Olivier Martinez.

Dalam sebuah acara, Berry tidak menyangka akan kembali memiliki anak di usia yang hampir menginjak setengah abad.

Saat itu, dia mengaku kewalahan saat harus menyusui sang putra.

[Gambas:Video CNN]

5. Janet Jackson

Adik mendiang Michael Jackson tersebut saat ini menjadi perbincangan hangat. Janet Jackson berhasil melahirkan sang putra di usia 50 tahun.

Bayi yang diberi nama Eissa Al Mana tersebut merupakan hasil pernikahan Jackson dengan Wissam Al Mana yang menikah pada 2012 silam.

Menyadari akan resiko melahirkan di usia nyaris setengah abad, Jackson mengaku sering memeriksakan diri untuk menghindari berbagai resiko yang mungkin mengenai dia dan sang bayi.

(okt/les)