Potongan Organ Tubuh dan Rahasia Lain di Kabin Pesawat

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 05/01/2017 20:35 WIB
Ternyata sebuah penerbangan kadang membawa organ tubuh atau mayat tanpa menggunakan peti, seperti yang diungkap awak kabin di situs Reddit. Ilustrasi. (CandyBoxImages/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat berada di dalam kabin pesawat, pastikan untuk selalu mengenakan alas kaki. Karena, seperti yang dikutip dari The Telegraph dari percakapan di situs komunitas Reddit, awak pesawat mengatakan kalau lantai kabin pesawat sangatlah kotor.

“Tetaplah mengenakan alas kaki, karena kalian tidak pernah membayangkan betapa kotornya lantai di kabin pesawat. Memang kami selalu membersihkannya, tapi di jam sibuk kadang itu bukan hal yang utama,” tulis salah satu awak pesawat dengan menggunakan nama akun alias dalam percakapan di Reddit.

Awak pesawat lain ikut mengomentari percakapan tersebut. Menurutnya, masih banyak lagi “rahasia” yang disembunyikan pihak maskapai kepada penumpangnya.


“Terkadang kami menyimpan potongan organ tubuh yang dikirim untuk prosedur transplantasi antar negara di dekat tempat penyimpanan koper,” tulis akun alias yang lain.

“Kami juga sering mengirimkan mayat, terkadang dengan peti terkadang tidak,” tulis akun alias lain, yang mengaku pernah menjadi kru di bandara.

Tak ada tempat untuk bersembunyi di kabin pesawat, begitu menurut pengakuan mereka. Bahkan kamar mandi sekalipun, dapat dibuka dari luar dengan mudah oleh awak pesawat.

“Jangan coba-coba mengisap rokok, menggunakan narkoba atau bercinta di kamar mandi pesawat. Karena kami diberi kewenangan untuk membuka pintu kamar mandi dari luar dengan paksa jika ada penumpang yang terlihat mencurigakan,” tulis akun yang lain.

Selain rahasia, mereka juga memberikan saran keselamatan yang cukup berguna bagi penumpang, seperti mengingat jarak bangku yang diduduki dengan pintu keluar terdekat untuk memperbesar kesempatan menyelamatkan diri saat terjadi kecelakaan.

“Selalu hitung dan ingat jarak bangku yang diduduki dengan pintu keluar terdekat. Karena saat terjadi kecelakaan, lampu akan mati dan meraba jumlah punggung kursi untuk bisa sampai ke pintu keluar,” tulis akun lain.

Saran keselamatan lain yang menarik ialah untuk tidak mengunci jemari tangan saat berusaha melindungi kepala. Mereka menyarakan untuk meletakkan satu tangan di atas tangan ketika melindungi kepala. Alasan yang diberikan pun cukup menarik.

“Jika ada sesuatu yang jatuh di atas kepala dan melukai tangan, ya setidaknya masih ada satu tangan yang berfungsi dengan baik,” tulis akun yang lain.

Mereka pun membenarkan fakta kalau pilot dan kopilot bergantian untuk tidur selama penerbangan jarak jauh.

Yang terakhir, mereka sepakat untuk menyatakan kalau meja di tempat duduk merupakan area terkotor di kabin pesawat.

Jadi ada baiknya untuk melindungi diri dengan tisu basah atau pembersih tangan setelah menyentuh meja lipat di tempat duduk.

Sebelumnya pada tahun lalu, sebuah penelitian juga pernah mengungkap fakta mengejutkan ini.

(ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK