Amerika Keluarkan Pedoman Cegah Alergi Kacang

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 09/01/2017 07:29 WIB
Amerika Keluarkan Pedoman Cegah Alergi Kacang Ilustrasi kacang. (Pixabay/forwimuwi73)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas kesehatan Amerika Serikat, Kamis (5/1) merekomendasikan orang tua untuk memberikan makanan yang mengandung kacang kepada anak-anak sejak dini. Cara ini dianggap sebagai cara mencegah alergi padan bahan pangan tersebut.

Melansir AFP, rekomendasi tersebut diberikan oleh the National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) setelah adanya penelitian ilmiah yang dilakukan oleh organisasi itu.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan mengandung kacang sejak usia empat bulan hingga lima tahun dapat mengurangi risiko alergi kacang pada anak-anak hingga 81 persen.


Penelitian tersebut dilakukan karena angka kasus alergi kacang yang belum tertangani secara medis makin tinggi di masyarakat. Menurut penelitian pada 2010, sekitar dua persen anak-anak Amerika memiliki alergi terhadap kacang. Angka ini meningkat empat kali lipat sejak 1990.

Secara umum, alergi berkembang di usia anak-anak dan bertahan hingga dewasa. Reaksi alergi bisa berkembang semakin parah sampai mengancam jiwa.

"Hidup dengan alergi kacang menuntut pengawasan konsisten. Mencegah perkembangan alergi kacang dapat meningkatkan dan menyelamatkan nyawa serta menurunkan biaya penanganan medis," kata direktur NIAID, Anthony Fauci.

"Kami mengharapkan cara ini diimplementasi lebih luas oleh penyedia pelayanan kesehatan sehingga akan mencegah perkembangan alergi kacang pada anak yang rentan. Akhirnya diharapkan bisa menurunkan prevalensi alergi kacang."

Menurut rekomendasi tersebut, kacang dapat dikenalkan dalam menu asupan pada anak usia empat dan enam bulan yang memiliki kemungkinan tinggi mengalami alergi kacang.

Untuk bayi dengan risiko menengah dan ringan mengidap alergi kacang, jangka waktu yang direkomendasikan untuk pengenalan kacang adalah enam bulan. Tidak ada batasan waktu bagi bayi tanpa alergi makanan tertentu.

Semua bayi direkomendasikan sudah memulai pengenalan makanan padat sebelum kemudian dikenalkan pada kacang.

Pendekatan ini disambut baik oleh American Academy of Pediatrics. Pada 17 tahun lalu, ada rekomendasi untuk para orang tua untuk tidak mengenalkan kacang kepada anak sebelum berusia tiga tahun.

(chs/chs)