Fasilitas Kapal Cepat ke Empat Pulau 'Baru' Wakatobi

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Rabu, 18/01/2017 15:21 WIB
Fasilitas Kapal Cepat ke Empat Pulau 'Baru' Wakatobi Pemandangan salah satu pantai di Wakatobi. (Flickr/Jenny via Wikimedia (CC BY 2.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, tahun ini berencana mengoperasikan layanan kapal cepat untuk melayani transportasi ke empat pulau besar di sekitar kawasan itu.

Keempat pulau besar itu adalah Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

“Selama ini, hanya Pulau Hoga di Kaledupa dan One Mombaa di Tomia yang sering dikunjungi para wisatawan,” kata Bupati Wakatobi Aruhawi Ruda di Wangiwangi, seperti yang dilansir dari Antara pada Rabu (18/1).


“Dengan layanan kapal cepat ini, wisatawan dapat dengan mudah menjangkau seluruh objek wisata di empat pulau besar itu,” lanjutnya.

Aruhawi menjelaskan, hampir seluruh wilayah Kabupaten Wakatobi—yang seluas 1,5 juta hektar, menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Bahkan, pulau di Wakatobi bernama Pulau Runduma selama ini memiliki mitos dapat menghilangkan segala penyakit yang diderita pengunjungnya.

"Selama ini pulau tersebut tidak pernah dikunjungi para wisatawan karena jaraknya cukup jauh dari Wangiwangi, ibu kota Kabupaten Wakatobi. Dengan kapal yang kami akan operasikan nanti, pulau tersebut bisa dikunjungi para wisatawan," kata Aruhawi.