Menengok Pesta Ulang Tahun Transgender Pakistan

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 26/01/2017 10:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Suatu malam, para transgender di kota Peshawar, Pakistan, berkumpul di suatu tempat. Mereka merayakan pesta ulang tahun dari salah satu teman mereka.

Farzana Jan, anggora komunitas transgender di Pakistan, tengah berias untuk mempersiapkan diri ikut pesat ulang tahun Shakeela, sesama transgender. (REUTERS/Caren Firouz)
Shakeela, sang empunya pesta, adalah seorang transgender yang tinggal di Peshawar, Pakistan. Sebelum merayakan pesta ulang tahunnya, ia menyempatkan diri memasak dan bekerja seperti biasa.(REUTERS/Caren Firouz)
Chachat, anggota komunitas transgender lainnya juga ikut bergabung dalam pesta tersebut. Dalam menjalani kehidupan, para komunitas transgender ini kerap menerima diskriminasi dari masyarakat. (REUTERS/Caren Firouz)
Dalam menyiapkan pesta, para transgender di Pakistan ini saling tolong menolong. Seperti yang dilakukan Bubbly, ia membantu persiapan pesta Shakeela mengenakan gaun tercantik untuk pesta itu. (REUTERS/Caren Firouz)
Sedangkan teman Shakeela lainnya, Farzana Jan, memanfaatkan waktu sebelum pesta untuk berpose cantik di taman. (REUTERS/Caren Firouz)
Semua orang di komunitas itu bergembira, seperti yang ditunjukkan sahabat Shakeela, Rani, yang tersenyum saat difoto jelang persiapan pesta ulang tahun tersebut. (REUTERS/Caren Firouz)
Untuk dapat bergabung dengan pesta tersebut tidaklah sembarangan. Sebelum masuk ke ruangan pesta, pihak keamanan mengecek satu per satu tamu yang diundang ke pesta tersebut. (REUTERS/Caren Firouz)
Pesta tersebut bukan hanya merayakan ulang tahun Shakeela, tapi juga momen berkumpul bagi para anggota komunitas transgender di Peshawar, Pakistan. (REUTERS/Caren Firouz)
Seperti selayaknya pesta ulang tahun lainnya, dalam acara Shakeela juga ada acara potong kue. Semua tamu ikut ambil bagian dalam momen tersebut. (REUTERS/Caren Firouz)
Namanya juga pesta, para tamu yang sebagian besar adalah anggota komunitas transgender memeriahkan suasana dengan menari mengikuti irama lagu. (REUTERS/Caren Firouz)
Sebagai imbalan karena sudah datang, para tamu diberikan 'uang ongkos' sesaat sebelum pulang. (REUTERS/Caren Firouz)
Pesta tersebut juga menarik minat para karyawan dari lokasi berlangsungnya acara Shakeela. Para karyawan mengambil gambar kemeriahan dari komunitas yang terus berjuang membela hak dan eksistensinya itu. (REUTERS/Caren Firouz)