Rahasia Langsing Para Wanita di Perancis

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 26/01/2017 15:45 WIB
Perancis dikenal sebagai salah satu negara dengan kuliner yang lezat. Tapi apa rahasia wanita di sana untuk tetap menjaga bentuk tubuhnya? Ilustrasi. (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perancis dikenal sebagai salah satu negara dengan kuliner yang lezat, mulai dari croissant, crepes, macarons, baguette, sampai foie gras.

Walau tiap hari bisa menyantap berbagai menu itu, namun sebagian besar penduduk di sana, khususnya kaum wanita, tetap memiliki tubuh yang langsing. Lihat saja sosok Coco Chanel, Lea Seydoux, Brigitte Bardot, atau Camille Rowe.


Dilansir dari Daily Mail pada Kamis (26/1), ternyata mereka memiliki rahasia untuk menjaga berat badannnya. Bukan melakukan diet ketat, melainkan dengan hanya makan di saat istimewa bersama keluarga atau teman.


Hasil pengamatan tersebut diutarakan oleh ahli gizi Dr Carrie Ruxton.

“Jika biasanya orang bisa makan kapan saja, tidak dengan penduduk Perancis. Mereka menganggap waktu makan ialah waktu istimewa yang harus dilakukan bersama keluarga atau teman, sehingga kegiatan makan hanya dilakukan saat pagi, siang dan malam,” kata Ruxton.

“Sepertinya tidak ada kata mengemil dalam kamus makan mereka,” lanjutnya.

Ruxton melanjutkan, saat makan, penduduk Perancis memilih untuk menyantap hidangan rumahan. Mereka tidak memiliki pantangan, hanya saja menyantap segalanya dalam porsi kecil.


“Saat makan roti isi misalnya, mereka tidak akan menumpuk daging dan mayones menjadi satu. Mereka lebih suka segala sesuatu yang sederhana, karena mereka yang membuatnya sendiri di dapur, jadi tidak ingin repot,” ujar Ruxton.

“Mereka juga tidak suka menggunakan bahan buatan dalam masakannya, oleh karena itu mereka jarang yang menggemari makanan siap saji,” lanjutnya.

Sama seperti makanan, dalam mengkonsumsi minuman pun demikian. Perancis terkenal dengan minuman anggurnya, tapi tidak ada tradisi yang mengharuskan penduduk di sana minum terburu-buru sampai mabuk.

David Benchetrit, direktur dari klinik kecantikan Clinique du Poids, mengatakan kalau wanita Perancis memang selalu disiplin dalam menjaga berat badannya.

Jika sudah merasa kelebihan berat badan, mereka akan langsung mengurangi porsinya dan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Minuman yoghurt menjadi pilihan mereka untuk menahan nafsu makan.


Dan yang paling mengagetkan ialah fakta bahwa wanita Perancis jarang berolahraga. Lalu apa yang mereka lakukan untuk menjaga bentuk tubuhnya?

“Setiap hari, mereka memilih untuk berjalan kaki untuk sampai ke tempat tujuannya,” kata Ruxton.

(ard)