Euforia 'Ayam Api' di Glodok

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 27/01/2017 07:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Euforia menyambut Tahun Baru China atau Imlek pada 28 Januari esok sudah dirasakan komunitas Tionghoa di Jakarta. Mereka bersiap menyambut sang Ayam Api.

Suasana bersiap menyambut Imlek sudah dirasakan sejak jauh hari. Seperti yang dilakukan seorang pekerja dengan memasang lampion di luar Vihara Toasebio, Jakarta, Selasa, 24 Januari 2017. Imlek pada Sabtu 28 Januari 2017 esok merupakan awal tahun Ayam Api. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Menyambut dengan suka cita, lampion baru pun sudah siap untuk imlek. Seorang pengurus vihara menyiapkan lampion baru yang akan dipasang menghiasi vihara di kawasan pancoran glodok, Jakarta, 25 Januari 2017. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ayam Api diharapkan banyak pihak, termasuk pedagang, membawa keberuntungan. Para pedagang pun menjajakan berbagi pernak-pernik bertema Ayam Api. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Dekorasi Imlek bertema Ayam Api bertengger di jejeran pedagang kaki lima. Tahun ayam api memberikan harapan baru, elemen api melambangkan kehangatan dan ketenangan batin dalam menjalin hubungan antar manusia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Segala yang bertema ayam mendadak muncul, termasuk mangkok mini gambar ayam. Mangkok yang dijaja di sudut petak sembilan ini menarik minat dan jadi buruan warga. Ayam api yang menjadi simbol tahun baru Imlek di 2017 ini mendominasi pernak-pernik mau pun perlengkapan dapur. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tahun baru juga memberikan kesibukan tambahan. Om Akwet, 71, kaligrafer mandarin harus bekerja ekstra menyelesaikan pesanan tulisan ucapan maupun harapan di atas kertas maupun kartu ucapan Imlek di kawasan Pancoran Glodok, 24 Januari 2017. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Puluhan lilin milik umat sudah tersusun rapi di Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017. Lilin ini akan dinyalakan bersamaan saat hari pertama Imlek 28 Januari nanti. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tak lupa buah-buahan selalu hadir menjelang Imlek. Seperti Apel dengan hiasan aksara Mandarin ini akan digunakan sebagai pelengkap sajen saat ibadah. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Kesibukan juga muncul di pasar modern. Supermarket di kawasan Glodok yang menjual makanan serta buah-buahan khas Imlek kebanjiran pembeli. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Warna-warni lapak pedagang yang menjual perlengkapan dekorasi rumah bertema Imlek mulai muncul dan menambah euforia Tahun Baru China kawasan Pecinan Pancoran Glodok, Jakarta, Selasa, 24 Januari 2017. (CNN Indonesia/Safir Makki)