Jepang Sediakan Taksi Khusus Ibu Hamil

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Rabu, 22/02/2017 14:30 WIB
Jepang Sediakan Taksi Khusus Ibu Hamil Ilustrasi: Bagi ibu hamil di Jepang, bila dalam kondisi darurat atau akan memeriksakan kesehatan, ada 'supir' pribadi yang siap antar jaga. (Thinkstock/kjekol)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bepergian bagi sebagian ibu hamil mungkin terasa menyulitkan, apalagi bila kondisi perut sudah membesar. Sebuah perusahaan taksi Jepang memahami kondisi tersebut dengan membuat moda transportasi khusus ibu hamil.

Melansir Rocket News 24, perusahaan taksi Jepang, Nihon Kotsu, membuat sebuah layanan transportasi yang akan menemani ibu hamil saat menjalani janji medis pra-persalinan atau ketika dalam situasi mendesak.

Pertama-tama, ibu di Morioka, Prefektur Iwate, Jepang, tersebut harus mendaftarkan diri sebagai anggota.
Setelah terdaftar, kemudian akan diberikan kartu dengan nomor keanggotaan serta nomor telepon pusat informasi yang akan menghubungkan mereka dengan supir taksi terdekat.


Pelayanan tersebut mencakup mendahulukan ibu hamil pada daftar tunggu taksi, serta antar-jemput untuk memeriksakan kandungan atau melahirkan.

Layaknya layanan kesehatan, para ibu yang telah terdaftar sebagai anggota dapat menghubungi taksi kapan pun jika  ingin diantar ke rumah sakit.
Dengan sigap, supir taksi akan 'merawat' ibu hamil selama perjalanan dengan handuk dan seprai tahan air yang sudah dipersiapkan.

Para supir yang bertugas juga telah dibekali pelatihan dari perawat untuk menghadapi situasi genting, seperti terpaksa melahirkan dalam kendaraan.

Sejak diperkenalkan pada Desember 2016, sebanyak 60 anggota telah terdaftar dan diperkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah.
Di sisi lain, layanan serupa yang berbasis di Tokyo telah mendapatkan lebih dari 20 ribu anggota baru saat diluncurkan.

Layanan ini ternyata menjadi populer, melihat jumlah peminat terus naik dan perusahaan taksi lain yang juga mengikuti jejak serupa.

Dengan dukungan dari berbagai rumah sakit, diperkirakan layanan taksi ramah ibu hamil ini akan terus meluas hingga ke seluruh perfektur di Jepang.

[Gambas:Instagram] (okt/chs)