Kursi Roda Tak Hentikan Alexandra Kutas Berekspresi

AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY, CNN Indonesia | Senin, 06/03/2017 01:57 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dari kecil, Alexandra Kutas tak dapat berjalan dan gunakan kursi roda. Tapi wanita 23 tahun asal Ukraina ini gigih kejar mimpinya sebagai model.

Alexandra Kutas menjadi model difabel pertama yang tampil dalam peragaan busana yang diselenggarakan di Kiev, termasuk sebagai model pembuka dalam Pekan Mode Ukraina. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)
Kemampuannya sebagai model ini sempat mendapat pengakuan dari majalah fesyen sebesar Vogue dan juga mendapat perhatian dari situs seperti Daily Mail. Ia bahkan sempat tinggal di New York untuk menjalankan kariernya sebagai model. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)
Dari kecil, Alexandra Kutas tidak dapat berjalan dan selalu menggunakan kursi roda. Ia mengalami cedera tulang belakang karena kesalahan dokter saat ia dilahirkan. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)
Alexander Kutas kini tinggal di Dnipro, Ukraina dan mengaku jika kariernya sebagai model tidaklah selalu mulus. Ia sering sekali mendapat penolakan dari berbagai agensi model. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)
Alexandra merasa fasilitas publik di Ukraina tidak beri kemudahan bagi kaum penyandang difabel. Itu sebabnya ia pun menciptakan program Break Your Chain untuk membangun kesadaran publik mengenai hal ini. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)
Selain itu, program 'Break Your Chain' juga bertujuan untuk mengajak kaum penyandang difabel untuk berani mengejar apapun yang mereka inginkan tanpa terlalu terpaku pada kekurangan mereka sebagai difabel. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)
Berkat bantuan Blake Wind, temannya dari New York yang juga menggunakan kursi roda, Alexandra kini dikontrak desainer Ukraina ternama, Fedor Vozianov. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)
Alexandra Kutas terinspirasi menjadi model ketika ia lihat peragaan busana Alexander McQueen tahun 1999 di mana model di situ juga seorang model difabel. (AFP PHOTO/Sergei SUPINSKY)