Pound Fit, Kardio Sembari 'Menabuh Drum'

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 06/03/2017 09:48 WIB
Pound Fit, Kardio Sembari 'Menabuh Drum' Pound fit adalah olahraga yang menggabungkan gerakan dengan 'tabuhan drum.' (poundfit.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kini bukan lagi masanya olahraga hanya untuk memeras keringat. Olahraga kini juga dilakukan untuk bersenang-senang. Setelah hip hop yoga dan zumba kini giliran olahraga yang menggabungkan dengan permainan 'alat musik,' pound fit.

Pound fit adalah gabungan dari olahraga dengan gaya menabuh drum.

Mengutip laman Poundfit, pound adalah olahraga jam session kardio pertama yang dipengaruhi oleh semangat dan keringat yang menetes saat bermain drum.


"Di Indonesia, pound fit baru dikenal pada Agustus 2016. Aslinya olahraga ini berasal dari Amerika," kata Denok Windoe, Pound Pro (pelatih pound fit) dari Sana Studio kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

"Olahraga ini berkembang di Indonesia awalnya banyak yang penasaran karena pakai stick drum. Terlihat seru. Selain itu lagu pengiringnya pun juga lagu-lagu yang lagi tren."

Dalam praktiknya, olahraga yang termasuk jenis kardio ini dilakukan dengan memakai 'stick drum.' Namun stik ini bukanlah stick drum sebenarnya.

Stick pound fit hanya menyerupai stick drum, namun dibuat dari bahan yang lebih keras dan kuat. Drum stik pound fit ini disebut ribstick.

Wulan Anindya, pound pro dari Sana Studio mengungkapkan bahwa ribstick digunakan sebagai perpanjangan tangan. Ribstik dianggap akan membantu membawa orang untuk berolahraga dengan cara yang menyenangkan.

Saat melakukan pound fit, baik Denok dan Wulan mengatakan bahwa olahraga ini termasuk latihan full body. Artinya, olahraga ini akan membantu melatih semua bagian tubuh.

Olahraga ini dilakukan selama 45 menit. Selain sebagai latihan kardio, pound fit juga diklaim bisa berfungsi untuk membantu menurunkan berat bada,

"Tentunya harus diimbangi dengan pola makanan. Sekitar 80 persen itu dari makanan dan 20 persen olahraga."

Denok menambahkan ada empat posisi dasar dalam gerakan pound fit ini, yaitu posisi berdiri, semi squat, menekuk lutut, dan duduk.

Dalam tiap gerakan pound fit selalu dikombinasi dengan gerakan tangan yang memegang ribstick. Ribstick ini diadu satu sama lain serta dipukul-pukul ke yoga mat seiring dengan irama musik dan gerakan tubuh lainnya.

Olahraga ini memiliki ritme gerakan yang cepat dan menuntut koordinasi tinggi antara tubuh dan gerakan 'menabuh.'

"Karena gerakan tangan juga harus kuat, jadi pukulan ribstick juga akan sangat kuat. Anda harus hati-hati agar tidak celaka," kata Wulan.

"Sempat ada ponsel yang pecah karena kena pukulan ribstick."





(chs)