Soto Ayam Menaklukkan Polandia

Elise Dwi Ratnasari/Olivia Drost, CNN Indonesia | Senin, 06/03/2017 19:31 WIB
Tidak hanya rendang yang bisa mengharumkan nama Indonesia. Giliran soto ayam yang menjadi favorit dan menaklukkan Polandia. Soto ayam menaklukkan Polandia (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuliner Indonesia semakin mudah ditemui di luar negeri. Ini bisa dilihat dari mulai banyaknya restoran Indonesia di kota-kota dunia. Salah satunya adalah Warung Jakarta di Polandia. Sang pemilik adalah Mateusz Rybinski, yang sempat mengecap pendidikan di Universitas Airlangga pada tahun 2009 melalui program Erasmus. 

"Saat menjalani program beasiswa, saya memutuskan untuk tinggal bersama keluarga Indonesia karena saya jatuh cinta dengan budaya Indonesia dan telah menjadi bagian hidup saya," kata Mateusz kepada CNNIndonesia.com.

Selama lebih 5 tahun tinggal di Indonesia dan mencoba berbagai kuliner Indonesia, Mateusz pun berencana membuka restoran Indonesia di Warsaw saat pulang kampung tahun 2015. 

"Ide membuka restoran Indonesia ini sudah ada di kepala saya 7 tahun lalu, ketika pertama kali menginjak kaki di Indonesia. Saya lalu belajar tentang selera, rasa, dan teknik memasak dari banyak koki lokal. Saya perhatikan juga perbedaan dapur Indonesia dan Polandia," tambahnya.


Mateusz Rybinski juga bertemu dengan Yudhi Harijono dan Mario Juniartho untuk berkolaborasi bersama. Awalnya, lokasi restoran Warung Jakarta di sebuah pasar malam. Namun, warung ini telah berpindah tempat menjadi restoran yang terletak di pusat kota Warsaw. 

Dari puluhan menu makanan yang ditawarkan, ada satu menu yang sangat populer di Warung Jakarta. Menu itu adalah soto ayam. Mengambil resep orisinal, soto yang disajikan di ibu kota Polandia ini disajikan lengkap dengan  ayam suwir, kuah kuning bumbu kunyit, mie, telur, daun bawang, dan seledri. Pasangan soto juga disajikan dalam satu paket, nasi dan sambal. (SYS)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK