Studi: Mocha Latte Bisa Tingkatkan Konsentrasi Kerja

Elise Dwi Ratnasari | CNN Indonesia
Kamis, 09 Mar 2017 15:54 WIB
Menurut penelitian, mocha latte ternyata bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan juga membuat seseorang tetap fokus bekerja. Konsumsi mocha latte terbukti bisa tingkatkan fokus seseorang (Thinkstock/WichitS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mocha latte ternyata bukan cuma bermanfaat untuk memberi kehangatan dan rasa tenang pada penikmatnya. Menurut studi dari Universitas Clarkson, New York, minum mocha latte ternyata bisa berpengaruh pada pekerjaan.

Mocha latte dianggap bisa meningkatkan rentang waktu konsentrasi seseorang. Peneliti menemukan kombinasi cokelat dan kopi dalam mocha adalah perpaduan sempurna untuk membantu seseorang tetap fokus.

Dikutip dari Independent, peneliti dari Universitas Clarkson, Ali Boolani, bekerjasama dengan Universitas Georgia untuk memeriksa efek dari konsumsi cokelat masak terhadap fokus dan motivasi bekerja. Selain itu mereka juga meneliti hubungannya dengan kemampuan kognitif, perasaan cemas, energi dan kelelahan.

Dalam studi tersebut, partisipan diminta menikmati empat jenis minuman, yaitu cokelat, cokelat berkafein, kafein tanpa cokelat dan minuman panas bukan cokelat dan kafein.

Setelah menikmati minumannya, partisipan diminta mengerjakan tugas untuk menunjukkan fungsi kognitif dan penentuan mood.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum cokelat saja membuat lebih sedikit kesalahan yang berhubungan dengan kekurangan konsentrasi.

Tetapi setelah kafein ditambah ke dalam minuman cokelat, "efek kognitif" muncul dan "efek cemas" pun berkurang.

Hasil studi tersebut menyebutkan bahwa cokelat berpotensi meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini akan meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi seseorang. Sedangkan kafein sendiri meningkatkan rasa cemas.

"Studi ini menemukan bukti bahwa cokelat mengurangi efek rasa cemas akibat kafein," kata Boolani.

"Hasil dari tes sangat menjanjikan dan menunjukkan cokelat dan kafein adalah pilihan baik untuk siswa dan siapapun yang perlu meningkatkan konsentrasi secara berkelanjutan," kata Boolani. (chs/chs)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER