LANCONG SEMALAM

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok M

Gloria Safira Taylor | CNN Indonesia
Minggu, 12 Mar 2017 09:42 WIB
Kemudahan akses transportasi membuat kawasan Blok M ramai didatangi orang, mulai dari yang berniat cuci mata sampai mencopet. Penumpang Metromini yang melintasi Terminal Blok M, Jakarta. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa tidak kenal dengan kawasan Blok M. Setiap harinya, hiruk pikuk di kawasan ini berlangsung selama 24 jam. Keramaian ‘serba ada’ menjadi daya tariknya, mulai dari taman hijau sampai tempat hiburan khusus orang dewasa.

Kawasan ini menjadi salah satu pusat pergaulan anak muda di Jakarta sejak tahun 1980-an, yang ditandai dengan munculnya sejumlah pusat perbelanjaan, seperti Pasaraya, Pasar Melawai, Blok M Mal, dan Pasar Mayestik.

Ditambah lagi dengan keberadaan sekolah unggulan seperti SMA 6 dan SMA 70 serta Gelanggang Olah Raga Remaja Bulungan, yang membuat kegiatan ‘ngeceng’ semakin beralasan.


Blok M semakin eksis ketika sineas Indonesia merilis sejumlah film yang menjadikannya sebagai latar belakang cerita. Tonton saja film ‘Olga Sepatu Roda,’ ‘Lupus,’ atau ‘Catatan Si Boy.’

Keberadaan Terminal Bus Blok M juga membuat orang semakin ramai berdatangan, walau perasaan was-was bertemu dengan copet atau preman tak dapat dienyahkan.

Bahkan, seorang kawan yang merupakan pendatang, pernah berkelakar kalau kata ‘Terminal Blok M’ yang tertera di stiker bus selalu menyelamatkannya saat bingung dengan ruwetnya rute angkutan umum di Jakarta.

Saat ini, kawasan Blok M sudah semakin berkembang. Dari jalan layang sampai gedung megah menjulang tinggi di sekitarnya.

Walau masih disebut sebagai pusat hiburan kaum kelas menengah ke bawah, namun pengunjung dari berbagai generasi masih sering menghabiskan waktunya di sini.

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok MLalu lintas di kawasan Blok M. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ada banyak cara untuk menuju Blok M. Selain dengan menggunakan bus dengan rute ’Terminal Blok M,’ bisa juga menggunakan ojek online.

Toko-toko di sekitarnya baru akan buka setelah jam 9 pagi. Jika ingin menginap, ada banyak hotel yang buka di sekitarnya, mulai dari yang murah seperti Fave Hotel sampai yang mewah seperti Double Tree by Hilton.

Akhir pekan kemarin, CNNIndonesia.com mengunjungi kawasan Blok M untuk bernostalgia. Berikut ini ialah beberapa kegiatan menarik yang CNNIndonesia.com lakukan saat berkunjung ke sana selama seharian:

06.00 - Jajan di Pasar Subuh

Memulai wisata ke Blok M dapat dilakukan dengan mencicipi aneka jajanan pasar di Pasar Subuh Blok M. Tidak perlu takut becek dan ramai, pasar yang buka sejak azan Subuh berkumandang ini cukup luas dan bersih, karena menggunakan pelataran Blok M Square.

Pasar Subuh di Blok M sudah ada sejak tahun 1990-an. Para pedagangnya kebanyakan adalah pindahan dari Pasar Subuh Senen di Jakarta Pusat.

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok MAneka jajanan pasar yang dijual di Pasar Subuh Blok M. (roheryn319/Pixabay)

Keramaian pedagang dan pembelinya bakal terlihat hingga jam 8 pagi.

Beragam jajanan pasar yang disajikan seperti kue mangkok, bolu, bika ambon, kue lapis, lemper, donat dan kue sus yang masih hangat siap dipilih. Mereka bisa dibeli dalam jumlah satuan atau lusinan, tergantung kebutuhan.

Dengan label pasar, harga yang ditawarkan pedagang cukup murah, mulai dari Rp2.000 hingga Rp15.000 per potongnya.

08.00 - Berteduh di Taman Ayodya

Taman Ayodya atau Taman Barito berada tidak jauh dari Blok M Square. Usai menyambangi pasar subuh, CNNIndonesia.com memilih untuk menikmati ragam jajanan pasar yang dibeli di taman itu.

CNNIndonesia.com memilih untuk berjalan kaki dari Blok M Square ke Taman Ayodya yang hanya berjarak sekitar 15 menit berjalan kaki.

Sebelum dirapihkan Pemprov DKI Jakarta pada 2008, taman ini disesaki oleh penjual ikan hias. Gola Gong menjadikan taman ini sebagai latar dalam kisah ‘Balada si Roy’ yang ditulisnya.

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok MPengunjung taman yang ramai berteduh. (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)

Saat ini, Taman Ayodya semakin teduh, dengan pemandangan danau buatan yang dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Udara pagi dan sinar matahari yang tidak terlalu terik menjadi pelengkap untuk menikmati jajanan pasar yang satu persatu masuk ke dalam perut.

Segelas kopi hitam panas yang dijual oleh pedagang kopi bersepeda juga menjadi pemanis sarapan di tengah taman kota ini.

10.00 - Wisata Belanja

Usai sarapan di Taman Ayodya, CNNIndonesia.com memulai untuk wisata belanja di kawasan Blok M. Pilihannya, ada Blok M Plaza, Blok M Square, dan Pasaraya Blok M.

Selain toko-toko, Blok M Plaza dan Blok M Square juga menyediakan supermarket dan bioskop.

Sama seperti mal lainnya di Jakarta, Blok M Plaza dan Pasaraya Blok M menawarkan barang-barang asli yang berkualitas, hanya saja di Pasaraya Blok M barang-barangnya lebih mewah.

Sedangkan di Blok M Square, lebih banyak barang murah meriah yang diragukan keasliannya. Jadi, jangan dulu percaya jika ada tas Louis Vuitton atau Adidas Yeezy yang hanya dijual seharga Rp200 ribuan.

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok MPenjual buku di Blok M Square. (CNNIndonesia/Tri Wahyuni)

Meski demikian, beberapa pedagang juga menjual produk lokal yang tak kalah bagus kualitasnya.

Pedagang yang berkumpul di Blok M Square merupakan pedagang dari Pasar Melawai yang digusur pada 2008. Kini mereka bisa dengan nyaman berjualan di gedung beratap dan berpendingin udara.

Perhatikan barang bawaan saat berkeliling di sini, karena banyak tangan usil yang jahil. Jangan lupa untuk menawar harga barang yang dibeli mulai dari setengah harganya.

Jika kaki lelah berkeliling, ada kios pijat refleksi sampai spa dengan ikan (fish pedicure) yang bisa dicoba.

12.00 - Makan Siang

Tak perlu kesulitan untuk mencari makanan di Blok M. Dari kaki lima sampai restoran siap saji padat berjejeran.

Beberapa titik berkumpulnya penjual makanan di Blok M ialah: di seberang SMA 6 dan 70, GOR Bulungan, Taman Ayodya, dan Blok M Square.

Karena sudah berada di Blok M Square, CNNIndonesia.com memilih untuk makan di Mie Aceh Blok M.

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok MSuasana tempat makan. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Untuk Mie Aceh harganya dari Rp16 ribu hingga Rp30 ribu dan Roti Cane dari Rp10 ribu sampai Rp25 ribu.

Bagi pecinta kopi, Mie Aceh Blok M juga memiliki menu Kopi Solong khas Aceh, yang dapat diminu, dengan panas seharga Rp12 ribu ataupun dingin seharga Rp13 ribu. Rasa Es Kopi Solong itu begitu segar di teriknya sinar matahari.

Tempat makan yang telah berdiri sejak April 2015 ini juga menjual bubuk kopi solong seharga Rp40 ribu.

14.00 - Pojok Nostalgia

Setelah makan siang, CNNIndonesia.com melanjutkan wisata belanja dengan berkeliling di Blok M Square. Selain lukisan karya seniman jalanan, masih banyak barang unik yang bisa dibeli di mal ini.

Dentuman musik dari lantai Basement Blok B mengundang CNNIndonesia.com untuk turun. Ternyata banyak kios-kios penjual piringan hitam, kaset dan CD.

Tentu saja, tempat ini menjadi pilihan tepat bagi pecinta musik.

Rekaman musik berbentuk fisik yang dijual kebanyakan berasal dari tahun 1970-an. Semua penjual bakal sabar melayani pembeli yang asyik memilih dan bertanya.

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok MSuasana lantai Basement Blok B. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Andi, pemilik kios Twins Music, sudah berjualan piringan hitam sejak 15 tahun lalu di Blok M. Sepuluh tahun pertama, ia berjualan di bawah Terminal Blok M. Lalu, lima tahun terakhir ini ia pindah ke Blok M Square.

Menurut pengakuan Andi, selain hipster lokal, rekaman musik musisi legendaris Indonesia juga dicari oleh wisatawan asing (wisman), yang kebanyakan berasal dari Eropa sampai Amerika.

Piringan hitam dijualnya dengan harga yang beragam. Andi mengatakan, untuk orang Indonesia harga yang diberikan adalah Rp500 ribu. Sedangkan untuk wisman, dia akan memberikan harga Rp1 juta.

Namun, harga bisa berubah lebih mahal tergantung dari langka atau tidaknya album tersebut.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Nostalgia 'Ngeceng' di Kawasan Blok M

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER