Palembang Bangun Kampung Pempek untuk Gaet Wisatawan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 16/03/2017 10:39 WIB
Palembang Bangun Kampung Pempek untuk Gaet Wisatawan Pemkot Palembang akan membuat kampung khusus pempek (vetricia wizach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Palembang dikenal sebagai kota populer penghasil pempek. Kota ini bahkan memiliki beragam varian bentuk pempek yang menggoda.

Namun potensi pempek tak cuma sebatas kuliner ikonik semata. Pemerintah Kota Palembang menyadari kalau pempek juga punya potensi wisata.

"Makanan khas Palembang yakni pempek saat ini sudah sangat dikenal di dalam dan luar negeri, dan pemkot menilai sayang jika sebatas wisata kuliner, tapi perlu dikembangkan menjadi wisata lainnya," kata Wakil Wali Kota, Fitrianti Agustinda dikutip dari Antara.


Untuk mengembangkan potensi wisata, pemkot akan membangun kampung pempek. Kampung pempek ini akan dijadikan destinasi wisata baru bersamaan dengan momentum Asian Games XVIII tahun 2018.

Finda - sapaan Fitrianti- mengatakan kehadiran Kampung Pempek ini diharapkan dapat dijadikan tempat masyarakat berkreasi dan berinovasi dalam menggarap bisnis kuliner dalam satu kawasan terpusat.

Salah satu kawasan yang ingin dijadikan Kampung Pempek yakni di kawasan Kampung Kapitan dan 7 Ulu. Kampung tersebut dipilih karena sudah memiliki sejumlah industri rumah tangga pembuatan pempek.

"Kawasan ini nantinya akan dibenahi agar lebih rapi. Bahkan, kami ingin buat dapur percontohan. Jadi, dapur ini bisa kita jadikan salah satu destinasi wisata bagi wisatawan yang ingin melihat cara membuat pempek," kata Finda.

Pemerintah Kota Palembang akan mempercepat pembangunan di bidang pariwisata untuk memanfaatkan momentum Asian Games tahun 2018.

Sejumlah destinasi wisata baru mulai digarap seperti Kampung Arab di kawasan Seberang Ulu.