Resep Gwyneth Paltrow Dikecam Karena Abaikan Risiko Keracunan

SYS, CNN Indonesia | Jumat, 31/03/2017 14:44 WIB
Resep Gwyneth Paltrow Dikecam Karena Abaikan Risiko Keracunan Buku memasak Gwyneth Paltrow mendapat kecaman. (D Dipasupil/Getty Images for Frederique Constant/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gwyneth Paltrow kerap menawarkan daftar nutrisi yang aneh-aneh melalui situsnya, Goop. Ia pernah menawarkan kaldu tulang, smoothies bubuk jamur, hingga program diet minum susu kambing selama 8 hari agar terbebas dari parasit.

Namun, ide-ide uniknya itu akan membawanya bermasalah dengan para ahli gizi dan kesehatan. Dalam buku memasaknya yang terbaru, My Father’s Daughter, aktris 44 tahun ini mengungkapkan resep ayam panggang terbarunya.

Sayang, dalam proses pengolahan ayam panggangnya ini, ia tidak memberi penjelasan mengenai panas api dalam pengolahan ayam. Ibu 2 anak ini pun dikecam karena meremehkan risiko salmonella dan campylobacter.

Buku memasaknya dianggap lalai tidak mencantumkan pada temperatur berapa daging harus dimasak sebelum matang dan siap disajikan dan juga mengabaikan petunjuk sederhana mengenai kebersihan mencuci bahan olahan sebelum dimasak atau pelarangan cuci daging ayam mentah dengan air kran.


Peneliti Dr Ben Chapman yang adalah seorang spesialis keamanan makanan dari North Carolina State University menganggap resep dari Gwyneth Paltrow itu sama sekali tidak menyebutkan jika daging ayam matang sempurna jika dipanggang dengan panas 74 derajat celcius.

“Saya ingin melihat resep Gwyneth yang menuliskan jika ayam matang jika dipanggang hingga suhu 74 derajat celcius. Memang di situ dituliskan pada suhu berapa ayam dipanggang dan berapa lamanya, tetapi batas akhir suhu seharusnya disebutkan juga,” ungkap peneliti ini.

Gwyneth mendapat sorotan setelah agen standarisasi makanan Inggris mengeluarkan peringatan untuk tidak mencuci ayam mentah dengan air. Kebiasaan ini akan menyebabkan campylobacter.

“Memang setelah daging ayam dimasak, campylobacter mati tapi masalahnya bakteri ini bisa menyebar cepat. Sedikit saja, bakteri ini bisa menyebabkan penyakit,” tulis agen standarisasi makanan Inggris melalui sebuah pernyataan.

Campylobacter telah mempengaruhi 55 ribu orang dalam setahun di Inggris dan Wales. Bakteri ini menyebabkan diare, sakit perut dan demam panjang hingga 10 hari.

Dengan kurangnya informasi, peneliti menganggap itu akan mengarahkan pada pembaca pada kemungkinan keracunan makanan.

Penelitian mengenai pentingnya pencantuman informasi peracikan masakan untuk menghindari kontaminasi telah dipublikasikan di The British Food Journal.

Penerbit buku masak Gywneth, Grand Central Publishing, pun mencoba meredam kecaman publik ini dengan menyebutkan jika resep ayam panggang dalam buku memask My Father’s Daughter seharusnya dipanggang dalam suhu 200 derajat celcius selama 70 menit untuk panggangan ayam seberat 1,8 kilogram.
[Gambas:Instagram]